# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 5432

VULGara-gara inilah dari sejak minggu lalu saya mengalami kekacauan komputer. Sementara komputer satu lagi sedang full-load dengan pekerjaan mengambil beberapa program komputer dalam rangka licensed-download yang tidak mau saya ganggu karena takut gagal, saya mencoba menginstal sebuah CD pemberian teman. Saya penasaran karena CD itu berisi Windows Vista, tapi kemasannya bukan DVD seperti normalnya. Judul CDnya adalah Windows Vista Ultimate Lite. Ada kata ‘lite’ yang mengingatkan saya pada pengalaman dengan program Windows 98 lite, yaitu Windows 98 SE yang sudah dipreteli bagian-bagiannya yang tidak terlalu penting, sehingga jalannya lebih gesit.
S
aya penasaran menginstal OS ini karena membayangkan bahwa saya mungkin akan mendapatkan Windows Vista yang lebih gesit. Eh, tapi ternyata OS ini malah kacau. Setelah selesai saya instal, ada beberapa keanehan :

  1. Sama sekali tidak bisa bikin folder baru dengan nama sendiri.
  2. Tidak bisa me-rename folder
  3. Tidak bisa move folder ke folder lain
  4. Tidak ada Windows Experience Index. Sudah saya on-kan secara manual, bahkan sampe ngoprek registry segala, tapi tetap tidak mau muncul
  5. Di My Computer saya klik properties, Copyright-nya menunjukkan tahun 2006, bukan 2007
  6. Untuk mengaktivasi, tidak bisa dengan serial number yang licensed, maupun pake MAK (Multiple Activation Key). Untuk mengaktifkannya saya pake file crack yang ada di CD itu.
  7. Wallpaper bawaan sedikit sekali.

Baru segitu keanehan yang saya temukan. Sudah saya download update yang tersedia dari Automatic Update, tapi masalah yang bikin saya kesal tidak bisa bener juga, yaitu soal ngopi folder, move, dan rename. Saya kepikiran, gimana kalo dipasangi dengan Service Pack 1, tapi mungkin kelamaan, karena ukuran downloadnya saja sudah 400 megaan.
Dari googling, saya temukan sebuah gambar stiker CD dengan nama Vista ini, yang nampaknya bikinan Rusia. Apapun itu, saya nggak mau berisiko menggunakan OS yang cacat kayak gini. Saya putuskan untuk ganti saja ke Vista Business!

Bagikan pada media sosial :