# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 6526

Barang lainnya selain ZTE C-321 yang saya beli untuk keperluan hadiah itu adalah sebuah multimedia player dan recorder dengan nama Totti. Saya lebih suka menyebutnya sebagai multimedia player dan recorder, ketimbang mp3, mp4, atau mp5 player karena nama-nama itu terdengar aneh buat saya. Yang jelas mp3 adalah ekstensi file hasil kompresi file audio dengan menggunakan codec yang dihasilkan oleh Institut Fraunhofer. Ketika pertama saya mendengar mp4, saya pikir itu adalah codec baru atau metode kompresi baru, tahunya adalah mp3 player ditambah dengan kemampuan (antara lain) memotret. Lalu ketika keluar mp5, saya tidak perlu cari konfirmasi lagi, soalnya ini pasti sekedar mp3 player yang ditambahkan fitur baru, yang antara lain adalah recorder video sederhana. Dan inilah persis seperti yang ada pada Totti ini.
Alasan utama saya memilih barang ini adalah harga. Ini adalah multimedia player / recorder termurah yang ada di BEC. Selain itu, yang saya dengar dari penjualnya, sudah cukup banyak unit yang terjual dan yang kembali lagi karena keluhan rusak tidak terlalu banyak. Entah dia jujur atau tidak, yang jelas karena saya hanya punya bargaining power di ‘harga murah meriah’, tanpa pikir panjang lagi saya beli 5 unit barang ini. Toh ini hanya sebagai hadiah.
Ini adalah pengalaman saya yang pertama dengan barang seperti ini. Saya pribadi kurang suka dengan begitu banyak fitur dan kemampuan yang dijejalkan dalam satu perangkat, karena pasti yang begitu ada trade-off dalam hal kualitas-nya. Saya belum tahu banyak tentang si Totti ini, dan tulisan ini dibuat tidak ketika saya sudah tahu atau pelajari barangnya. Maka tulisan ini dibuat sesuai dengan perkembangan hasil oprekan saya.
(bersambung)

Bagikan pada media sosial :