# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 2181

Secara akal sehat, tentu semakin banyak memory sebuah sistem operasi akan mampu berjalan dengan lebih baik. OK, hari ini komputer dengan OS Vista itu saya tambahi memori 1 Giga lagi. Dan tanpa pengamatan mendalam saja sudah nampak bahwa komputer saya ini jadi jauh lebih gesit dari sebelumnya. Sudah terasa sejak start-up, yang jauh lebih singkat daripada dengan memory yang hanya 1 Giga.
Pertanyaannya sekarang, apakah tambahan RAM 1 Giga sebanding dengan Readyboost 2 Giga ? Saya bisa langsung simpulkan: TIDAK. Jelas-jelas tambahan RAM 1 Giga lebih membuat komputer lebih responsif daripada Readyboost 2 Giga. Untuk mengetahui ini saya sudah menjalankan beberapa program sekaligus: Word, Excel, Encarta, Media Player, Encoding MP3 dengan Nero, dan browsing dengan membuka beberapa tab. Saya sudah khawatir pasti suara yang keluar dari speaker akan terputus-putus karena bareng dengan encoding MP3. Ternyata suara bisa keluar dengan mulus tanpa gangguan berarti. Selain itu saya bisa task switching ke mana-mana dengan lancar. Demikian pula bila saya lakukan itu dengan menggunakan Flip 3D.
Wah, memang saya tidak melakukan hal ini ketika dengan RAM 1 Giga, he, he. Tapi yang jelas saya tidak bisa ngomong dengan persis, yang jelas terasa sekali, komputer menjadi lebih snappy. Tapi kalau dibandingkan dengan ketika RAM 1 Giga ada perbedaannya. Ketika idle, penggunaan RAM sekitar 59-60%. Dengan RAM 2 Giga, penggunaannya jadi turun sampai 30%. Sebuah penurunan yang wajar. Akan tetapi itu tidak saya temui ketika menggunakan RAM 1 Giga, lalu dibandingkan dengan menggunakan Readyboost 2 Giga. Jadi nampaknya memang bener Readyboost itu adalah tempat file swapping saja, yang karena medianya lebih cepat dari harddisk, maka pengaruhnya ke kecepatan respon menjadi cukup signifikan. Ini semakin menegaskan betapa salahnya orang yang bilang bahwa RAM 1 Giga dengan Readyboost 2 Giga maka total RAM menjadi 3 Giga. Ngawur!
Hal yang jelas lainnya dengan penambahan RAM 1 Giga lagi adalah naiknya skor Windows Experience Index (WEI) :) Tadinya dengan RAM 1 Giga saja, skornya adalah 4,5. Sekarang, dengan RAM 2 Giga, skornya adalah 4,8. Dengan Readyboost, WEI sama sekali tidak mengalami peningkatan.
Terakhir, tidak perlu dikatakan lagi apa jadinya kalau sistem dengan RAM 2 Giga lalu masih ditambahi dengan Readyboost 2 Giga :))

Bagikan pada media sosial :