# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 2894

Menunjuk ke entry blog pertama tentang thread ini, ternyata saya belum ada waktu untuk memasang RAM DDR2 sebesar 1 Gigabyte ke komputer Saya, untuk melihat apakah tambahan RAM sebesar 1 Gigabyte lebih berbeda secara signifikan daripada Readyboost dengan flash disk sebesar 2 Gigabyte. Tapi dari beberapa situs, saya berhasil mengkompilasikan beberapa informasi.
Berikut adalah beberapa fakta tentang Readyboost di Windows Vista :

  1. Readyboost tidak menambah memory sistem. Sistem yang memory-nya 1 Giga, bila dipasangi readyboost dengan flashdisk 2 Giga, maka akan tetap dinyatakan bahwa sistem tersebut memiliki memory 1 Giga. Alih-alih memory pada flashdisk itu digunakan sebagai tambahan tempat bagi virtual memory yang karena memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari harddisk, maka akan memiliki efek mempercepat sistem. Readyboost juga tidak meningkatkan Windows Experience Index.
  2. Flashdisk yang digunakan masih bisa sekalian digunakan sebagai storage. Maksudnya, flashdisk bisa digunakan sebagian untuk Readyboost, dan sisanya bisa untuk data. Digunakan sepenuhnya untuk Readyboost jelas bisa.
  3. Ruangan kosong yang ada di flashdisk minimal adalah 256 Megabytes. Ada sumber yang mengatakan bahwa minimal adalah 235 Megabytes (mana yang benar ?).
  4. Tidak semua flashdisk bisa digunakan untuk Readyboost. Hanya yang memiliki kecepatan akses 1 mili detik atau lebih cepat lagi. Tapi ada cara supaya flashdisk dengan kecepatan rendah juga bisa digunakan, tapi efeknya malah memperlambat sistem.
  5. Flashdisk harus memiliki kecepatan baca 2.5 Megabyte per detik, dan kecepatan tulis 1.75 Megabyte per detik.
  6. Windows Vista hanya bisa menggunakan memory di flashdisk maksimal 4 Gigabyte saja. Percuma kalau kita punya flashdisk 8 Gigabytes misalnya, dan berharap 8 Gigabyte itu akan terpakai untuk readyboost.
  7. Hingga Windows Vista SP1 hanya men-support 1 flashdisk pada satu sistem.
  8. Karena ada aktifitas tulis-baca di flashdisk, maka umur flashdisk akan berkurang, tapi sekurangnya akan tahan selama 10 tahun (bagaimana dengan flashdisk yang pake garansi seumur hidup?)
  9. Readyboost yang digunakan pada Windows Vista tanpa SP1 akan mengalami masalah ketika masuk ke sleep mode / hibernasi. Cache file yang ada di flashdisk tidak bisa terbaca lagi.

Selain itu, ada akal-akalan juga supaya Windows XP juga bisa pake flashdisk untuk mempercepat sistem. Belum saya praktekkan, tapi salah satu tempat yang menjelaskan itu ada di sini.

Bagikan pada media sosial :