# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 3010

Works 9Here in the world of licensed softwares, …. dua hari lalu di bagian licensed download Microsoft ada sebuah tambahan entri baru di product family-nya Office, yaitu Works versi 9. Dari sejak jamannya suka beli yang bajakan saya sudah tahu program ini, tapi tidak begitu tertarik. Ketika akhirnya hari ini saya selesai men-download program ini, saya terkejut karena ternyata software ini menarik sekali.
Isinya tidak selengkap Office Suite yang terdiri dari Word, Excel, Access, Powerpoint, Infopath, dan Publisher itu, tapi di dalamnya ada beberapa sub-program yang pada dasarnya menurut Saya adalah versi mini atau sederhananya dari Office Suite. Di dalam software ini ada yang diberi nama :

  1. Microsoft Works Word Processor
    Dari namanya saja sudah jelas, ini adalah turunannya Word. Fungsi editing dan layout sudah ada dan cukup memadai untuk membuat dokumen apapun. Bisa di save ke DOC, DOCX, atau file native-nya Works (WPS).
  2. Microsoft Works Task Launcher
    Ini semacam koordinator untuk me-launch program-program di dalam Works. Dengan menjalankan program ini, pengguna bisa mengakses langsung program-program dalam paket Works.
  3. Microsoft Works Spreadsheet
    Ini yang asyik. Ini jelas-jelas Excel mini. Toh dengan Excel yang beneran kita jarang sekali pake semua perintahnya.
  4. Microsoft Works Portfolio
    Ini belum jelas benar. Ketika di launch, klik sana sini, bentuknya kok mirip One Note. Perlu waktu untuk eksplorasi ini.
  5. Microsoft Works Database
    Ini juga asyik. Kita sering nggak perlu full-fledged software macam Access itu. Interface-nya jelas dan straightforward sekali. Yang penting kan database
  6. Microsoft Works Calendar
    Ini adalah semacam to-do list yang cukup ekstensif.

All ini all, rasanya mending pake Works dari pada Office Suite terutama untuk laptop yang fungsinya hanya dipake untuk membuat catatan-catatan singkat. Nampaknya bahkan merupakan pilihan yang lebih baik pada Netbook yang sekarang ini sedang booming karena spasi harddisknya yang kecil. Sebagai perbandingan, total size Works versi 9 adalah 365 Mbytes. Sedangkan Office Suite Versi 2003 adalah 620 Mbytes.

Bagikan pada media sosial :