# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 2101

Inilah gambar tiang listrik kuno di Jalan Gandapura Bandung itu, …. Setelah saya dekati, saya jadi ragu sendiri. Apakah betul tiang listrik ini adalah peninggalan jaman Belanda tl-01 yang kira-kira pada tahun yang sama ketika pemancar itu masih aktif ? Awalnya saya malah ragu apakah ini tiang listrik. Soalnya di bagian atasnya ada semacam hiasan tl-04 yang menurut saya, normalnya  tidak perlu ada pada sebuah tiang listrik. Tapi ketika saya dekati dan saya buka kotak di bagian bawahnya, di dalamnya terdapat 2 terminal besar yang nampaknya sudah tidak berfungsi lagi. Sudah pasti ini adalah tiang listrik. Tapi hmmm, apakah bukan tiang telpon ? Wah, nampaknya saya harus tanya beberapa anggota milis Bandung untuk memastikan hal ini.
tl-02 Hal yang aneh adalah, kalau ini tiang listrik dan sudah tidak digunakan, kenapa masih dibiarkan berdiri ya ? Kalau ini tl-03 tiang telpon, ya sama juga pertanyaannya. Saya yakin tiang ini sudah tidak memiliki fungsi lagi.
Rasa-rasanya di Bandung ada beberapa tempat lain lagi yang masih memiliki tiang ini. Entah di mana, tapi kalau ketemu pasti akan saya foto. Barangkali memotretnya adalah salah satu usaha untuk melestarikannya. Apakah secara sengaja tiang ini didiamkan ? Di sebelahnya saja sudah ada tiang lampu jalan yang baru. Apakah ketika mendirikan tiang lampu jalan yang baru itu para petugasnya tidak membatin tentang betapa usangnya tiang yang ada di sebelahnya ?
Sejak saya masih di SMA, saya sudah sering mondar-mandir di Jalan Gandapura. Sudah sejak itu saya membatin tentang tiang ini. Itu adalah 23 tahun yang lalu, dan tiang ini masih kokoh berdiri.

Bagikan pada media sosial :