# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 10559

Sudah cukup lama saya mendengar adanya barang satu ini. Tidak seperti biasanya, saya akhirnya tahu apa fungsi / kegunaannya tidak dengan search di Internet atau tanya ke orang. Saya langsung beli saja karena kebetulan pada sebuah tempat belanja online di Jakarta ada harga diskon untuk barang ini. Ternyata memang tidak secanggih yang saya bayangkan, tapi saya tidak akan mengeluh tentang itu :)

Barang yang saya beli ini nampaknya bisa dikatakan barang black market karena tidak ada manualnya dalam bahasa Indonesia atau approval dari salah satu instansi resmi di sini. Tumben, pesan sore dan besoknya sudah datang ke Bandung. Padahal biasanya kalau sedang ada diskon, barang suka lama datangnya. Ini penampakannya sekaligus unboxing :

IMG_0818

Dari luar, orang tidak akan tahu ini barang apa. Yang ada hanya tulisan Cina semua.

IMG_0819

Sialnya, manualnya pun berbahasa Cina. Semuanya bahasa Cina. Sempat agak down karena saya berpikir mungkin akan hanya nebak-nebak untuk menggunakannya.

IMG_0820

IMG_0822

IMG_0823

Barangnya ya hanya begini saja. Ada colokan ke listrik, lalu ada tempat penampung barang yang akan dibersihkan, lalu tombol on /off. Sederhana sekali.

IMG_0824

Yang biru itu adalah tombol on / off nya. Yang merah itu adalah lampu indikator.

IMG_0825

Akhirnya ada bahasa Inggrisnya ! Dari sini saya jadi tahu bahwa ini harus menggunakan sesuatu yang cair. Tapi yang jadi masalah adalah, apa yang dimaksud dengan cleaning liquid ? Apakah air ? atau mungkin alkohol ? tapi di situ dikatakan tidak boleh menggunakan cairan yang beracun, mudah terbakar, atau yang korosif. Yang sejauh ini saya coba adalah air. (Sekarang saya masih berpikir, cairan apa yang ok untuk ini selain air biasa ?)

IMG_0826

Di sisi yang berlawanan ada tulisan berbahasa Cina. Entah apakah ini isinya sama dengan yang berbahasa Inggris itu atau yang lain. Ada yang tahu ?

IMG_0830

Di bagian bawahnya ada tulisan ini. Aha! ada website-nya, tapi tetap saja tidak dimengerti dengan jelas karena disajikan dalam bahasa Cina. Tapi sekilas itu seperti tempat jual beli teknologi penyolderan. Jadi entah apa hubungannya dengan pembersih ultra sonik ini.

BTW, sebuah video di youtube memberi gambaran pada saya kerja barang ini :

Salah satu contoh penggunaan Ultra Sonic Cleaner

Masih ada banyak video lain yang belum saya tonton, tapi sekilas saya sudah bisa mendapatkan gambaran untuk apa alat ini :

  • Membersihkan kotoran-kotoran yang terselip pada bagian-bagian yang sulit dijangkau.
  • Air (atau cairan lainnya) dimasukkan ke dalam penampungnya, lalu ketika di on-kan cairan itu akan digetarkan secara ultra sonik.
  • Karena getaran ultra sonik itu maka kotoran-kotoran pada benda yang dibersihkan akan terlepas.
  • Saya baca di sebuah tempat bahwa barang-barang yang biasa dibersihkan dengan pembersih ultra sonik adalah: perhiasan, koin, kaca mata, jam tangan (yang rantainya dari logam), keramik yg ukurannya kecil, …

Saya coba sendiri untuk membersihkan beberapa barang ini :

20130601_191359

Itu adalah pisau lipat dan casing hp lama yang kotor. Saya gunakan air biasa. Ketika di on kan, keluar bunyi terrrrrrr … suara yang bergetar. Persis sama dengan video di Youtube di atas. Di video itu si alatnya punya timer yang bisa di atur, sedangkan pada alat yang saya punya ini hanya berjalan sekitar lima menitan, lalu mati sendiri. Apakah dua barang itu lalu jadi bersih ?

Pada bagian yang saya julurkan di pisau lipat itu ada bekas lem aica aibon. Ternyata bekas lem itu tidak mau lepas. Sementara pada casing hp, lumayan jadi bersih, meskipun tidak bersih sekali. Yang jelas air yang tadinya bening jadi keruh sekali. Saya asumsikan bahwa proses pembersihan memang berjalan.

Ketika dinyalakan dan mengeluarkan bunyi itu, permukaan air menjadi berriak seperti ini :

20130601_192422

Kali ini yang saya coba adalah pisau lipat kecil yang ada karatnya di beberapa bagian. Saya coba jalankan hingga tiga kali. Air memang menjadi keruh dan ada kotoran-kotoran yang jelas terlihat. Tapi karat pada pisau lipat itu sama sekali tidak hilang.

Saya belum mencobanya untuk barang-barang yang lain. Sementara ini saya berpikir, barangkali harus digunakan jenis cairan yang tepat agar proses pembersihan bisa berjalan lebih efektif. Saya sendiri belum tahu cairan apa itu. Barangkali ada yang tahu ?

Bagikan pada media sosial :