# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 22249

Ketika beberapa hari yang lalu mencoba mengupdate BIOS motherboard Intel Desktop Board D945PLNM, saya agak kebingungan untuk mengetahui persis jenis motherboardnya. OK, mereknya sih tahu, tapi tipenya ? lalu yang terpenting adalah versi BIOSnya ? Jelas saya butuh software untuk identifikasi motherboard.
belKetika saya google dengan keyword “motherboard identifier”, salah satu yang saya dapatkan adalah software free Belard Advisor, dan ternyata software ini sangat-sangat berguna. Setelah sukses mengidentifikasi si Intel Desktop Board, saya pake juga software ini untuk mengidentifikasi beberapa PC lain, termasuk yang di rumah, yaitu komputer yang masih pake Windows 98 (pra Win98SE) dan tidak terkoneksi ke Internet. Ternyata software ini mampu mengenali semua motherboard yang saya tes. Nampaknya kemampuan mengenalinya bukan karena ada referensi ke database di Internet atau yang built-in di program ini, tapi karena ada string tertentu di motherboard yang mampu dibaca si software.
Saya sangat merekomendasikan program ini. Penting sekali untuk mereparasi komputer, terutama kalau kita malas membuka casing hanya untuk lihat merek peripheral yang terpasang.

Bagikan pada media sosial :