# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 6192

psych fbAkhirnya setelah berbulan-bulan, sedikit demi sedikit saya kumpulkan, sebuah DVD yang berisi kumpulan e-book tentang Psikologi bisa saya rampungkan. Jumlahnya lebih dari dua kumpulan e-book sebelumnya yang pernah saya kerjakan. Kalau sebelumnya hanya sekitar 300-an, maka yang ini bisa mencapai 500 lebih. Soal jumlah, bukan berarti saya mau membuatnya sedikit atau banyak. Itu hanya masalah kapasitas DVD yang terbatas hanya 4,7 Gigabyte. Itupun data yang dimasukkan tidak bisa persis dengan ukuran itu, harus sedikit di bawahnya supaya bisa benar-benar dimuat dalam sebuah DVD dengan baik.
Dari pengalaman saya dengan dua DVD sebelumnya, (yang pertama tentang Bahasa Inggris dan berikutnya tentang Ilmu Komunikasi) ada persepsi yang kurang tepat tentang e-book, yang kalau tidak dinyatakan secara eksplisit, saya curiga orang membatin itu. Antara lain adalah :

  1. E-book hanya berisi tulisan yang dibuat orang dengan komputer, barangkali diketik menggunakan word processor, sehingga lay out dan isinya tidak enak dipandang.
  2. Penulis e-book bukan dari kalangan yang kompeten dengan bidangnya. Barangkali hanya para enthusiasts, atau kalangan IT yang broad-minded.
  3. E-book tidak memiliki detil informasi tentang penerbit, tahun penerbitan sebagaimana layaknya buku tercetak biasa, sehingga nanti akan sangat sulit bila dijadikan sumber referensi pada tulisan ilmiah.
  4. E-book tidak enak dibaca karena harus dilihat menggunakan komputer.

Sekalian ingin saya jelaskan / counter di sini satu per satu :

  1. Memang ada e-book yang jelek layout-nya, tapi sangat banyak yang bagus. E-book yang masukkan ke dalam DVD ini bukan sembarang tulisan orang lalu dijadikan PDF. Sebagian besar adalah buku-buku yang versi tercetaknya ada, dan yang saya masukkan ke dalam DVD ini adalah versi digitalnya.
  2. Penulis e-book yang karyanya saya muat dalam DVD ini jelas sangat kompeten di bidangnya. Saya kira bisa di cross check di Google … tapi yang penting adalah, baca saja isinya … yang tentu akan bisa membuat kita yakin, itu ditulis oleh sekedar enthusiast atau kalangan IT. Mereka adalah para profesional dalam bidangnya.
  3. Untuk mudahnya, saya katakan saja: e-book tentang Psikologi ini adalah (sebagian besar) versi digital dari buku-buku yang tercetak. Jadi, semua detil itu ada. Tidak akan ada masalah sama sekali kalau akan dijadikan referensi ilmiah.
  4. Nah, soal yang satu ini saya harus akui benar. Untuk membaca intensif sebuah buku, enaknya memang buku konvensional (tercetak). Supaya enak membaca buku digital, memang harus menggunakan e-book reader semacam Kindle dari Amazon itu, atau yang sekarang lagi booming: tablet, semacam dari Apple Ipad atau Samsung Galaxy Tab. Tapi bagi saya ini bisa diatasi dengan cara mengubah sikap kita pada e-book: a) baca saja bagian yang penting, b) kalau di cetak, cetak saja bagian yang perlu, c) gunakan fasilitas find atau search untuk membantu menemukan istilah yang dicari. Harus diakui bahwa ada kelebihan-kelebihan yang nyata pada e-book dibandingkan buku tercetak.

OK. Untuk yang tertarik dengan DVD koleksi e-book Psikologi ini, sama seperti sebelumnya, silahkan anda kirim message ke FB saya di http://facebook.com/tomita Sebutkan nama dan alamat tujuan pengiriman lengkap dengan kode pos. Lalu transfer uang sejumlah 110 ribu saja ke no rekening Bank Mandiri: 131.00.0612448.3. Jumlah itu adalah: 100 untuk jerih payah saya, dan 10 untuk ongkos kirim. Mengenai judul-judul e-book yang ada di dalamnya, anda dapat lihat / unduh di http://tomita.web.id/download/daftarbukupsi.pdf

Bagikan pada media sosial :