# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 8693

Untuk mendapatkan buku-buku referensi yang relatif baru (dari tahun penerbitannya), berkenaan dengan bidang studi yang kita tekuni seringkali sulit. Tidak saja kerap tidak terjangkau dari segi harga, namun juga tidak tersedia dengan mudah di toko buku terdekat. Barangkali hal ini lebih berlaku untuk buku-buku berbahasa Inggris daripada yang berbahasa Indonesia. Di sini tidak berarti saya mengasumsikan buku-buku berhasa Inggris lebih unggul, namun dengan menekankan pada buku-buku yang berbahasa Inggris, kita dapat berharap adanya sebuah transfer pengetahuan dan teknologi dari negara-negara lain. Lalu bagaimana jalan keluarnya ?

untukblog Internet telah menjadi solusi yang luar biasa untuk itu. Maksud saya bukan sajian informasi pada website / situs, tapi pada adanya buku-buku yang bisa kita unduh dalam bentuk file / berkas, atau yang disebut e-book (electronic book / buku elektronik). Semua orang yang sudah biasa dengan Internet tentu bisa melakukan unduh, namun untuk mengunduh e-book yang saya maksud tidak bisa dilakukan dengan cara biasa kalau kita ingin melakukannya dengan cepat dan efisien. Apalagi banyak e-book tersebut disimpan di media penyimpanan online, yang untuk mengaksesnya dengan efektif diperlukan akun yang berbayar. Belum lagi keberadaan e-book pada media tersebut cenderung cepat hilang, karena dihapus oleh pemiliknya atau karena hal-hal lain.

Singkat kata, saya telah menemukan cara yang seefektif mungkin untuk mendapatkan buku-buku elektronik tersebut, tapi itu bukan berarti lalu perkaranya jadi mudah buat saya. Menemukan topik yang relevan di antara onggokan begitu banyak judul dan memastikan bahwa isinya benar-benar sesuai dengan studi Ilmu Komunikasi, sudah merupakan pekerjaan tersendiri. Kadang judul dan link-nya ada, tapi isinya tidak ada. Kadang isinya ada dan bisa diunduh, tapi ternyata harus menggunakan password. Belum lagi nama berkasnya yang kerap tidak mencerminkan judul bukunya, menggolongkannya ke dalam kategori (yang ternyata bukan urusan sederhana), dan sebagainya. Demikian pula untuk mengumpulkannya hingga bisa mencapai lebih dari 300 judul dan memasukkannya ke dalam sebuah DVD hingga kapasitasnya yang semaksimal mungkin. Saya menggunakan koneksi Internet sendiri, mengusahakan cara tertentu sehingga saya bisa mengunduhnya dari media penyimpanan online itu secara premium. Intinya, DVD ini bisa terwujud tidak begitu saja dengan mudah.

Oleh karena itu bila anda ingin memiliki DVD ini, saya memohon kontribusi anda sebesar Rp 100.000,- saja. Jumlah itu sangat tidak ada artinya dibanding koleksi e-book yang ada di dalamnya. Ini sama dengan satu lemari buku Ilmu Komunikasi. Tapi lebihnya, bila anda ingin mencari apapun yang spesifik, anda tinggal buka file / berkasnya, lalu tekan Ctrl-F dan ketikkan kata kunci yang anda akan cari. Artinya, ada poin lebih ketika anda memiliki sebuah buku dalam bentuk file / berkas komputer. Di samping sebagai pengganti jerih payah saya, kontribusi anda itu juga akan mendorong saya untuk melakukan pekerjaan ini lagi di masa datang.

Koleksi e-book dalam DVD ini sangat cocok dimiliki oleh dosen maupun mahasiswa Ilmu Sosial, khususnya pada Studi Ilmu Komunikasi, baik yang berada di tingkat S1, S2, maupun S3. Daftar lengkap buku-buku yang ada di dalam DVD dapat di-download di http://tomita.web.id/download/ebookkomunikasi.pdf Silahkan anda pastikan relevansinya dengan melihat judul-judulnya dahulu.

Untuk memesan DVD ini silahkan anda kontak saya melalui fitur message yang ada di FB. Alamat FB saya adalah www.facebook.com/tomita – Komunikasi pemesanan dilakukan via message FB saja, tidak melalui cara lain. Pengiriman ke dalam dan luar kota Bandung akan dilakukan melalui paket pos dan dikenakan biaya pengiriman.

Bagikan pada media sosial :