# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 1600

Akhirnya saya tidak bisa mengulur waktu lagi. Saya diminta untuk memutuskan jadi mau ikut dalam perahu itu atau tidak. Tapi untungnya sebelum itu Saya sudah cari info ke sana-sini. Kebetulan lagi tadi malam di TVOne ada acara bincang-bincang soal bagaimana partai mempersiapkan kadernya dalam rangka penentuan caleg. Jelas sekali di situ dikatakan bahwa para caleg harus ‘ngemodal’. Semakin tinggi modalnya, maka semakin mungkin ia akan masuk ke dalam jajaran atau peringkat tinggi untuk menjadi caleg. Nah, dalam kaitannya dengan Saya, Saya niat saja tidak kuat, sebelumnya ogah berpolitik, tidak punya basis massa, apalagi duit tidak punya. Akhirnya Saya putuskan untuk berkata : “Tidak!”
Yang paling membulatkan Saya untuk memutuskan itu adalah karena seorang teman memberikan Saya nomor HP kenalannya yang kebetulan adalah caleg dari PKB. Saya telpon dia. Meski belum kenal, ternyata dia itu adalah adik angkatan saya dulu di Unpad. Secara keseluruhan dia menguatkan apa yang sudah saya duga sebelumnya, terutama soal keluarnya dana, termasuk waktu.
Saya sudah sampaikan pengunduran niat saya. Entah apa reaksi orang-orang itu. Yang jelas Saya sudah tidak bisa membuat senang sekelompok orang, meski mungkin tidak cukup membuat mereka untuk membenci Saya. Semoga jangan.

Bagikan pada media sosial :