# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 6981

HT super mungil ini dual band: VHF dan UHF. Buat saya, semua serba OK kecuali satu hal: powernya yang hanya 500mW! Jelas hanya memadai untuk komunikasi jarak dekat atau monitor saja. Speakernya kecil, tapi kualitas suaranya sangat-sangat bagus. Antene standardnya pendek dan sangat tidak memadai. Kalau anda beli perangkat ini, anda harus langsung berpikir untuk beli antena alternatif. Karena setelah diganti, jangkauan jadi lebih bagus. Sambungan antenanya tipe SMA.
B
atrenya proprietary dari Yaesu. Di dalamnya ada mekanisme pendobel tegangan sehingga dengan ukuran segitu bisa menghasilkan sekitar 4V. Di toko tempat saya beli perangkat ini ada tempat batre alternatif yang bisa menampung satu buah batre AA. Tapi dengan hanya sebuah batre AA tentu power outputnya lebih kecil lagi dari 500mW. Jadi dengan satu batre AA itu lebih cocok untuk monitor saja.
Fitur-fiturnya cukup banyak, tapi yang menyebalkan adalah tidak bisa menghapus memori secara manual (harus pake software kalau mau manual), lalu pada BCBAND (alias MW) tidak ada frequency read-out-nya. Ini aneh sekali. Ada CTCSS dan DCS standard, APO, BCLO, TOT, dan sebagainya.
Sensitivitas cukup OK, kecuali pada UHV-TV, di mana kita harus membuka squelch sampe 0, supaya kita bisa mendengarkan siaran TV.
Sekali lagi, semua serba OK kecuali powernya itu. Makanya pada versi berikutnya, yaitu VX-2R, power lebih besar (1,5W). Pikirkan lagi kalau anda mau membeli perangkat ini. Untuk gaya (karena kecilnya) boleh lah, tapi kalau untuk diandalkan sebagai perangkat komunikasi, nampaknya perangkat ini tidak memadai. Saya sendiri sekarang ini praktis menggunakan VX-1R hanya untuk mendengarkan siaran FM dan (kadang-kadang) berkomunikasi dengan radio FRS / GMRS saja.

Bagikan pada media sosial :