# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 6114

Perangkat ini dari pabriknya konon sudah discontinued. Sekarang ini digantikan dengan FT-1802m yang katanya memang penyempurnaan dari FT-1500m. Meski begitu, FT-1500m tidak berarti jelek. Ini adalah perangkat VHF saya yang paling sensitif. Suaranya cenderung ngebas di speaker lawan bicara, bahkan di mods.dk ada mod untuk mengurangi suara bass itu.
Fitur-fiturnya khas Yaesu moderen, dan tidak didapatkan pada perangkat dari merek lain. Misalnya yang terasa manfaatnya adalah PMS alias Programmable Memory Scan. Ini maksudnya adalah untuk membatasi ujung bawah dan ujung atas frekuensi operasi kita. Kalau dibaca di manualnya ini dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan interferensi yang dihasilkan oleh pancaran kita. Saya pernah mencoba ini (A long story!), dan ternyata memang begitu :).
Fitur-fitur yang standard pada perangkat lain semuanya ada pada perangkat ini, seperti TOT, BCLO, APO, dsb, plus yang khas Yaesu sendiri. Jangkauannya 136 sampe 174, tapi bisa dibatasi dengan PMS itu tadi.
Yang membuat perangkat ini tidak sempurna menurut saya adalah sambungan mike yang jack-nya tipe RJ itu. Lagipula penempatannya di samping. Di FT-1802, jack-nya masih sama hanya ditempatkan di depan. Lalu, kalau anda punya perangkat ini, hati-hati dengan kabel mike-nya. Jangan sampai putus. Kalau putus, ternyata kabel-kabel di dalam kabel mic itu sangat lembut dan rapuh. Menyoldernya sangat sulit. Saya sendiri minta bantuan teman untuk memperbaikinya.
Lalu banyak orang mengeluhkan juga tentang front view-nya. Maksudnya orang baru bisa nyaman membaca display-nya kalau relatif lurus kepadanya. Juga warna display-nya yang biru itu, …. yang konon kalau digunakan mobile pada malam hari bisa menimbulkan afterglow effect. Ini mamang aneh, setahu saya hanya perangkat ini dari Yaesu yang display-nya berwarna biru.
Perangkat ini tetap saya gunakan sampai ketika saya menulis ini. Saya andalkan untuk keperluan sehari-hari. Casing-nya metal padat dan untuk pemakaian yang moderate lumayan bisa mendisipasi panas dengan baik. Hanya untuk pemakaian high power dalam jangka lama tetap perlu fan tambahan. Gara-gara perangkat satu ini, saya jadi melirik ke merek yaesu daripada merek lain.

Bagikan pada media sosial :