# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 4569

Salah satu yang paling menyenangkan dengan akses Internet adalah, kita bisa mendapatkan pengalaman orang lain tentang suatu barang / produk sebelum kita sendiri membelinya. Kita bisa search untuk mendapatkan review orang lain tentang suatu barang. Tapi itu kalau kita beruntung sudah ada orang yang membeli / menggunakannya. Kalau belum, kita terpaksa beli dengan agak spekulasi juga. Dan inilah yang terjadi pada saya dengan Pixelview PlayTV Pro3. Saya cari di Internet, tapi saya tidak menemukan review-nya.
Kenapa saya beli produk ini ? Jawabannya adalah : terpaksa, karena tidpro3ak ada produk lain yang ready to buy. Kalau kita lihat di toko-toko online sih banyak alternatif-nya, tapi kalau kita beli ke sana berarti harus pesan, dan itu harus beberapa hari. Saya lalu search di BEC, dari toko ke toko saya masuki, dan ternyata card TV yang ada hanya dari merek ini, atau kalau tidak dari merek Telebit dan E-Pro.
Tujuan pembeliannya adalah karena ada kebutuhan merekam acara TV yang mendesak. Karena untuk merekam, maka jelas harus card TV Internal, karena yang eksternal 90%-nya tidak punya kemampuan merekam secara software. Yang saya cari adalah dari merek Winfast, tapi tidak ada satu pun toko yang menjual itu. OK, ada Telebit, tapi kenapa saya tidak memilih itu?
Paketnya kurang meyakinkan! Hanya ada card, kabel-kabel, dan CD. Lalu kardus bungkusnya benar-benar sederhana. Tidak ada manual tercetak pula! Telebit sudah saya kenal melalui produknya di bidang networking, tapi ini kok TV Card? Di bungkusnya  juga tidak dinyatakan secara eksplisit bahwa TV Card itu Vista-Compatible. Pokoknya saya tidak mau Telebit. Lalu kenapa saya juga tidak mau E-Pro? Ini adalah TV yang bentuknya USB dan mampu merekam pula. Ya, tapi sayangnya harganya di atas 500 ribu. Di atas budget yang ada pada saya. Lagian, itu untuk laptop, yang memang bisa saja digunakan di komputer desktop, tapi saya membayangkan betapa mudahnya orang yang lalu lalang mencabut dan mengantonginya! Produk ini juga tidak menyatakan Vista- Compatible.
Hingga di toko terakhir yang saya jelajahi di BEC, ternyata adanya hanya Pixelview PlayTV Pro3. Dibungkusnya juga tidak ada tulisan Vista-Compatible, tapi ketika saya browse situsnya, ternyata ada update driver yang dinyatakan sebagai untuk Windows Vista. Hmmm, boleh juga nih. Setelah saya pikir-pikir, akhirnya saya putuskan untuk membelinya. Harganya termasuk sangat murah. Rp 235 ribu saja!
Begitu sampai kantor, saya langsung pasang si PlayTV ini. Berhubung komputernya on terus ke Internet, saya coba cari driver-nya ke Internet secara otomatis, dan ternyata Microsoft menyediakan driver untuk card ini! Langsung saja di device manager tanda seru dengan warna kuning itu menghilang. Tapi saya belum punya software-nya, dan saya tidak mau pasang dari CD bawaan si card, tapi hasil download paket driver / software yang tadi dikatakan sebagai Vista-Compatible oleh situsnya. Belakangan saya tahu bahwa apa yang ada di Internet dan di CD itu ternyata sama persis. Lalu saya juga temukan, ternyata paker driver / software yang dinyatakan untuk Vista itu ternyata juga diperuntukkan bagi XP.
Paket yang ada di boks adalah :

  • Card PlayTV Pro3
  • Remote Control
  • Battery A3 untuk remote control
  • Antenna FM
  • CD driver/ program
  • Selembar kertas manual
  • Sensor Infrared pasangannya Remote Control

(bersambung)

Bagikan pada media sosial :