# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 2311

Saya melakukan beberapa search lagi, dan ketika saya tuliskan ini sudah ada beberapa review tentang card ini. Kebetulan tulisan sebelum ini saya selesaikan di komputer rumah dan dari sejak selesainya tulisan itu sampai pemuatannya di sini ada jeda beberapa waktu. Rupanya sudah ada beberapa perkembangan di web. Antara lain review itu adalah di Infokomputer dan seseorang di Blogspot (update: yang ternyata hanya copy paste dari Infokomputer). Ketika saya search Google untuk gambar dengan keyword “PlayTV Pro3”, ternyata ada beberapa lagi yang lain, tapi dari gambar yang keluar, ternyata bungkus card ini beda dengan yang saya beli.
ptvp3Saya sudah membuat beberapa kali rekaman terjadwal dengan card ini dan hasilnya cukup memuaskan. Format yang ditawarkan yang paling tinggi resolusinya adalah WMV dengan ukuran 720 x 576. Saya playback hasilnya, dan nyaris tidak ada bedanya dengan siaran TV di komputer yang sama. Merekam acara TV adalah tujuan utama saya membeli card ini, jadi dengan hasil ini nampaknya tujuan saya sudah terpenuhi.
Tapi ada beberapa hal yang kurang saya suka :

  1. Waktu scanning yang sangat lama.
  2. Kepekaan receiver card nampaknya rendah, sekurangnya tidak sebaik Winfast TV-2000 Deluxe yang saya miliki di komputer lain, di mana dengan antena Internal bisa menangkap hampir semua channel dengan jelas. PlayTV Pro3 yang saya beli ini bahkan sudah saya pasangi antena luar, masih saja ada channel yang tidak jelas / berbintik-bintik.
  3. Kualitas remote control yang plasticky.
  4. rcptvRemote control kurang responsif.
  5. menuplaytvJalannya program agak sluggish / tidak gesit. Saya tidak tahu apakah ini pengaruh platform komputer yang saya gunakan. Saya pasang card ini di sebuah komputer dengan spek :
    – Prosesor : AMD Sempron 1,4 Ghz
    – VGA Card : NVidia GeForce4 MX-4000
    – Memory : 1 Gbyte
    – Harddisk : 80 Gbyte
    – Monitor : LG 15′
    – Motherboard : ECS – NForce 3-A
    – OS : Windows Vista Business

Sementara itu fitur lainnya standard saja. Radio FM tidak ada masalah. Teletext, tidak ada sinyalnya di Indonesia. Fitur lainnya seperti Time-Shifting dan Video Input belum sempat saya coba.
Apakah saya merekomendasikan card ini ? Harganya cukup murah, dan karena ternyata sudah bisa memenuhi tujuan saya membeli card ini, maka sekurangnya kalau memang tujuannya untuk merekam acara TV, saya merekomendasikan card ini.

Bagikan pada media sosial :