# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 4309

Saya harus membuat 10 CPU lama kelas Pentium III jadi fungsional lagi, padahal komponen-komponen dalamnya sudah dipreteli untuk berbagai kepentingan. Karena saya belanja hanya pada satu toko untuk semua kebutuhan itu, dan kuantitasnya cukup banyak, saya merasa saya bisa meminta bonus. Setelah ngalor ngidul dan ngendon cukup lama di toko, akhirnya toko berbaik hati memberi saya bonus sebuah speaker kecil, tapi ini bukan speaker biasa.

su-15front Para audiophiles pasti akan segera melewatkan ini karena memang kualitas suaranya tidak bagus-bagus amat, tapi speaker ini punya colokan SD/MMC Card dan Flashdisk. Memory card / Flashdisk itu bisa kita isi file MP3 dan kita bisa langsung memainkannya. Barang yang saya dapatkan ini tidak punya merek sama sekali. Hanya tertulis “Mobile Speaker”. Tipenya adalah SU-15. Buatan Cina; dan seperti barang-barang elektronik buatan Cina lainnya garansinya hanya sebentar. Meskipun ini pemberian, tapi saya diberi garansi satu minggu. Entah satu minggu itu karena saya dapatnya gratis atau memang sebenarnya memang hanya selama itu garansinya.

Pada paket / kemasannya berisi :

  1. Mobile Speaker
  2. Kabel yang ujung-ujungnya ber-jack Earphone stereo 3,5’
  3. Remote Control Infra Merah
  4. Converter koneksi ke HP (entah HP apa)
  5. Kabel USB untuk charging

Tidak ada manual sama sekali. Petunjuknya hanya ada pada bungkusnya. Ini sangat disayangkan karena ada banyak yang tidak jelas pada produk ini, seperti beberapa tombol pada remote control yang tidak jelas fungsinya.

su-15back Pada bagian depan, ada slot SD/MMC Card dan Flashdisk, lampu indikator pembacaan memory, tombol play, forward, dan back, serta LED receiver remote control infra merah. Pada bagian belakangnya ada line in jack 3,5 yang berfungsi untuk menerima output audio dari perangkat lain, volume slider, input untuk charging (5 V dari komputer via USB), dan tombol on/off. Diameter speaker-nya adalah sekitar 4cm. Bentuk barang ini kotak / persegi panjang. Speaker terletak pada ujung kiri kanannya. Sementara itu catu dayanya mengandalkan baterai Lithium Ion yang dipasang permanen di dalamnya.

Seperti saya bilang, suaranya tidak terlalu bagus. Apa yang bisa diharapkan dari speaker yang diameternya 4cm ? Lagian, di dalam kotak itu ruang resonansinya terlalu kecil dan kurang efektif untuk menimbulkan efek enhancement pada bass. Boksnya dibalut semacam lapisan yang akan mengesankan bahwa casing-nya terbuat dari kayu. Pada casing inilah saya agak kecewa. Tulisan SU-15 terkesan dibuat tidak profesional, seperti hanya digoreskan pake spidol perak pada penggaris yang sudah ada cetakan huruf itu. Saya lihat pada tipe lain ini lebih parah. Ada yang di sekitar speaker dibuat lingkaran warna perak, tapi peletakannya tidak simetris, sehingga mengesankan ini adalah produk murahan (yang sebenarnya memang murah!). Yang terakhir saya maksudkan itu casing-nya lebih besar, diameter speaker lebih besar, ada perbedaan sedikit pada kualitas suara (lebih  bagus), tapi karena kosmetik luarnya jelek, saya kalau pun diberi barang itu pasti menolak. Harga normal barang yang saya dapatkan ini adalah 160 ribu.

Yang saya temukan :

  1. Kapasitas maksimal memory adalah 2G. Lebih dari itu, barang ini seperti tidak mendeteksi adanya masukan memory sama sekali.
  2. Kalau baterai internalnya melemah, maka hanya bagian awal dari sebuah file MP3 yang dimainkan, lalu langsung skip ke file berikutnya. Tapi anehnya ada juga file MP3 yang dapat dimainkan secara penuh.

Sebenarnya saya sudah pernah melihat produk semacam ini tapi dengan ukuran speaker komputer normal, yang ukurannya sekecil ini baru kali ini saya lihat. Saya juga search dengan Google dan menemukan cukup banyak hit, tapi belum ada satupun yang memberikan review. Jadi saya tuliskan saja ini.

Apakah barang ini layak untuk dibeli ? Saya kira kalau hanya untuk sekedar dengar-dengar saja ya ok lah. Bisa digunakan untuk mobil yang belum ada tape-nya, atau bisa pula dihubungkan dengan output audio hari HP untuk kepentingan handsfree conversation kalau-kalau dirasa volume dari HP masih kurang keras. Selain itu, karena ukurannya kecil, bagus juga dijadikan speaker untuk mendengarkan musik diperjalanan secara bersama-sama (minding that … ); sekarang ini ada kecenderungan setiap orang mesti punya satu MP3 player yang digunakan secara individual. Last but not least, karena harganya tidak terlalu mahal, barang ini lumayan sempurna untuk hadiah dalam konteks door prize atau semacamnya.

Bagikan pada media sosial :