# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 2298

Semua poin pengalaman yang sudah saya tuliskan tentang IE 8 sebelum ini sebenarnya bukanlah yang pertama-tama paling obsesif di pikiran saya. Dari beberapa newsletter yang datang ke inbox, saya sekilas mendengar ada fitur baru yang disebut accelerator, chip yang langsung membuat saya menduga-duga bahwa ini tentu ada kaitannya dengan peningkatan kecepatan page loading. Imajinasi saya berubah ketika saya membaca majalah CHIP edisi Maret 2009, yang mengatakan bahwa misalnya kita sedang membuka  halaman yang berisi nama tempat; bila kita ingin mengetahui lokasinya, yang kita lakukan adalah mem-blok tulisan nama tempat itu lalu tekan accelerator, “….. lalu sebuah peta yang menampilkan lokasi tempat tersebut akan segera tampil di halaman itu juga!” (Majalah CHIP, 2009: 126). Ternyata saya salah, tapi yang dituliskan di majalah CHIP itu juga bisa mengarah pada persepsi yang keliru tentang fitur ini.

Yang benar adalah, accelerator merupakan sebuah fitur pencarian informasi lanjutan berdasarkan input yang kita masukkan dari sebuah halaman web dengan cara mem-blok teks yang akan kita cari keterangannya. Teks itu kemudian menjadi input bagi web services yang tersedia; ada yang default sudah disediakan, dan ada yang dapat kita tambahkan lagi sebagai add-on di sebuah situs yang disediakan. Jadi, accelerator sama livemaps sekali tidak ada hubungannya dengan mempercepat kinerja apapun, apalagi yang berhubungan dengan kecepatan page loading seperti dugaan saya. Lalu, yang digambarkan oleh CHIP sebagai “segera tampil di halaman itu juga” ternyata (yang saya  alami) hanya berlaku untuk Live Maps saja. Bila kita melakukannya untuk web services yang lain, yang terjadi adalah informasi yang kita harapkan sama sekali tidak muncul di halaman yang sedang kita buka. Alih-alih, sebuah tab baru terbuka dan di sanalah informasi yang kita cari itu ditampilkan oleh web service yang kita pilih. Sebagai contoh, saya menyeleksi teks kata “makeover”, lalu muncul ikon accelerator, kemudian saya pilih Google Translate. Yang terjadi adalah, sebuah tab yang membuka halaman Google Translate dengan entri kata “makeover”.

Bagi saya pribadi, fitur ini sebenarnya hanya mengurangi pekerjaan copy paste dan membuka tab / halaman baru, yang bagi orang yang masih belum biasa dengan keyboard dan mouse-nya mungkin akan cukup merepotkan. Saya berpikir, penggunaan fitur ini mungkin malah berpotensi mengalihkan perhatian. Masalahnya adalah ketika kita memilih salah satu web services, kita jadi terarahkan ke sebuah tab baru yang muncul di muka, bukan di belakang dari halaman utama yang sedang kita baca / pelajari. Akibatnya, kita jadi menunggu proses loading halaman di tab baru itu. Kita bisa saja mengklik tab halaman yang sebelumnya sedang kita baca, tapi ini tentu saja membuat fokus jadi terganggu. Saya membayangkan, akan lebih nyaman kalau tab baru yang terbuka itu munculnya di belakang saja. Dengan cara begitu, kita akan tetap fokus di halaman semula, sementara itu kita biarkan tab dengan halaman web service yang kita pilih itu me-load halamannya hingga selesai.

Tentang nama, saya kurang berkenan dengan sebutan “accelerator”. Pertanyaannya adalah, apanya yang di-accelerate di sini? Ya memang tentu saja Microsoft memaksudkannya sebagai fitur pemercepat proses pemahaman, referensi silang, perolehan informasi relevan, dan aksi kita yang kontekstual dengan halaman yang sedang kita baca, … tapi bukankah kata itu biasanya secara denotatif menunjuk pada sesuatu yang kita tambahkan pada sesuatu yang lain, sehingga yang tadinya berjalan lambat / tidak terlalu cepat, berkat tambahan itu menjadi lebih cepat? Kenapa tidak, misalnya, Microsoft memberi nama fitur ini seperti reference enhancer, quick reference, co-tab, side info, …. atau apa saja yang secara konvensional lebih mengarah ke apa yang ieacc memang dilakukan oleh fitur ini? Dalam kaitan ini, ternyata ada sebuah software yang namanya Internet Explorer Accelerator, buatan Huntersoft yang bisa di-download di sini. Software itu bahkan memberikan dukungan untuk IE 8, tapi pengertian accelerator di sini adalah untuk mempercepat browsing dan download; seperti pengertian saya untuk kata itu. Anyway, ini sangat pribadi, karena buat saya yang sudah sangat terbiasa dengan mouse dan keyboard, membuka tab / halaman baru dengan cepat untuk mencari informasi yang relevan untuk sebuah halaman yang sedang saya baca adalah bukan masalah besar dan sama sekali tidak merepotkan (dan saya kira demikian pula halnya untuk orang yang biasa bekerja dengan komputer). Saya baru merasa amat lebih terbantu, misalnya, kalau saja fitur ini memungkinkan Saya untuk menyeleksi teks, memilih web services, dan ringkasan informasi dari web service yang saya pilih itu tidak muncul di tab baru, alih-alih muncul secara floating di halaman yang sedang saya baca; tapi sedemikian rupa sehingga wujudnya tidak obstruktif. Nah, kalau bisa begini, baru saya akan merasa sangat terbantu.
 (bersambung)

Bagikan pada media sosial :