Pengalaman Mengembalikan HD ke Distributor
Seharusnya ini sudah saya tuliskan minggu lalu. Seperti yang sudah pernah saya sampaikan sebelumnya, saya membeli harddisk Seagate tipe 7200.11 dengan kapasitas 500 Giga. Suatu ketika, harddisk itu tanpa sebab yang jelas rusak, membuat semua data yang ada di dalamnya hilang, bahkan tidak bisa dideteksi sama sekali oleh BIOS. Saya langsung klaim ke tokonya, lalu saya mendapatkan gantinya berupa harddisk yang sama persis, baik merek, tipe, maupun kapasitasnya. Belakangan saya tahu lewat sebuah situs, bahwa ternyata harddisk Seagate tipe itu (dan beberapa tipe yang lain) memang sudah diramal akan rusak sebelum waktunya, karena adanya kesalahan / cacat, entah dalam proses fabrikasi, interface, atau firmware-nya. Tentu saja saya tidak mau mengalami kehilangan data yang kedua kalinya. Kalau saya mau balikkan lagi ke tokonya; agak aneh juga kalau saya mengembalikan barang yang masih baik-baik saja kondisinya. Akhirnya saya putuskan untuk menukarkan harddisk itu ke distributornya. Saya melakukan ini baru untuk pertama kalinya.
Setelah tanya ke sebuah milis, saya mendapatkan informasi bahwa distributor harddisk Seagate di Indonesia adalah PT. Atikom dan PT. Terra Computer System. Itu bisa dilihat di ID stiker yang ditempelkan di salah satu bagian harddisk-nya. Saya belum tahu bagaimana membedakan kedua stiker itu, bahkan belum tahu harddisk saya itu dari mana, tapi saya langsung cari-cari info kontak keduanya. Ketika cari-cari info inilah saya mendapatkan beberapa omongan; ada yang akhirnya saya buktikan sendiri bahwa itu tidak sesuai dengan kenyataannya, tapi ada juga berupa informasi yang baru saya ketahui.
Pertama, ada toko yang mengatakan bahwa distributor tidak akan menerima penukaran langsung dari user. Ini dikatakan oleh seorang pegawai sebuah toko di kompleks pertokoan komputer Kandaga. Sudah saya buktikan sendiri bahwa itu salah, karena seperti yang akan saya tuliskan nanti, saya justru bisa melakukannya. Kedua, this is stupid; katanya kebanyakan harddisk Seagate di Bandung di supply oleh PT. Atikom. Kalau dari Terra maka kita harus ke Jakarta. Kenapa stupid? Karena ketika saya search, saya temukan situsnya Terra Komputer, dan distributor ini ternyata punya service center yang tersebar di seluruh Indonesia. Saya pikir Terra ini hanya toko kecil. Dilihat dari banyaknya service center itu, saya jadi berpikir lain. Yang ada di Bandung memang tidak menggunakan nama "Terra Computer System", alih-alih IT-Klinik, lokasinya ada di BE-Mall. Lalu, ternyata harddisk di kantor saya banyak yang berasal dari Terra, dan ketika itu belinya di Bandung. Ketiga, seorang teman mengingatkan kalau menukar barang, agar tidak lupa membawa bon pembeliannya. Saya sebenarnya sudah langsung bisa membantah, tapi saya sendiri pernah mengalami ada toko yang tetap meminta bon, meski di barangnya sudah ada stiker. Soal ini, ternyata duduk perkaranya begini. Toko akan memberikan omongan berupa "garansi toko" yang dijanjikan untuk beberapa waktu tertentu (entah seminggu, dua, atau tiga minggu). Nah, dalam periode itu, toko membutuhkan bon pembeliannya. Di luar itu, toko hanya akan membantu menyalurkannya ke distributor. Saya konfirmasi lagi soal ini ke toko lain. Ternyata ada jawaban yang berbeda. Bon bisa tidak perlu ada, yang penting adalah stiker dari toko tidak rusak. Tidak semua toko memberikan perlakuan yang sama. Yang jelas, untuk kasus apapun, kita sendiri sebagai pembeli lebih baik memastikan dengan bertanya langsung kepada penjualnya. Keempat, ternyata sama seperti kebanyakan barang elektronik lain, ada versi black market (BM), ada juga versi resminya. Untuk harddisk Seagate (ternyata sama pula kasusnya untuk merek Western Digital) ada yang garansinya 1 tahun dan 3 tahun. Keduanya dijual dengan harga yang berbeda, selisihnya mungkin sekitar 75 – 100 ribuan. Ini saya baru tahu. Katanya, yang satu tahun itu hanya garansi toko. Kalau rusak di atas satu tahun, maka tidak akan ada garansi dari distributor.
Akhirnya setelah saya kunjungi situs Atikom dan Terra Computer System, saya bisa menentukan sendiri, harddisk Seagate yang saya miliki itu saya pastikan berasal dari Terra Komputer. Di situs mereka ada logo yang sama persis dengan yang ada pada stiker di harddisk. Sebelumnya saya sempat mengetes ke Atikom dengan menelpon. Saya ingin tahu respon mereka pada kasus yang saya alami. Seorang teknisi bernama Sunoto menegaskan bahwa boleh saja saya membawa harddisk-nya untuk ditukar dengan yang baru. Terbukti sudah, yang dikatakan pegawai di toko Kandaga itu terbukti salah.
Ketika saya datangi service center Terra Komputer (yang menggunakan nama IT Klinik) ternyata tempat itu memang khusus servis, dan barang yang diterima bukan hanya periferal komputer, tapi termasuk laptop, dan beberapa barang elektronik lain. Ketika Seagate 7200.11 saya diperiksa, si petugas mengatakan bahwa barang itu sudah lebih dari satu tahun. Kalau mau ditukar, saya harus membayar biaya RMA (entah apa kepanjangan singkatan ini). Dengan membayar biaya itu, saya akan mendapatkan sebuah harddisk baru, dengan garansi yang mulai lagi dari awal. Biaya itu adalah sebesar Rp 160.000,- Katanya, harddisk saya itu dihargai 75% dari harga aslinya. Sisanya itu merupakan penurunan harga akibat telah terpakai selama 1 tahun. Penurunannya itulah yang harus saya bayar untuk mendapatkan sebuah harddisk baru. It’s a deal, kata saya dalam hati. Lagian ini barang punya kantor.
Yang saya dapatkan adalah sebuah harddisk Seagate tipe 7200.12 dengan kapasitas yang sama, tapi bentuk fisiknya lebih tipis dari yang 11. Harddisk baru ini sudah saya pasangi Windows 7 Final Edition, saya buat 3 partisi, dan sejauh ini baik-baik saja.
BTW, selain menukar harddisk 500 Giga tadi, saya juga membawa sebuah harddisk lain dengan kapasitas 80 Giga. Entah dulu belinya di mana, tapi yang jelas harddisk ini rusak dan ada stiker Terra. Ketika dilihat oleh resepsionis, dia bilang bahwa harddisk itu sudah lewat dari satu tahun, berarti lewat dari masa penggantian. Akan tetapi karena masih di bawah 3 tahun, berarti masih bisa diservis. Servis-nya tidak perlu biaya apa-apa, alias gratis. Hingga saya tuliskan ini harddisk 80 Giga tadi belum jadi. Katanya perlu waktu sekitar 3 mingguan.
April 21st, 2013 at 13:16
saya baru membeli sebuah hardisk seagate expansion 500gb..saya coba bolak balik ko gak ada stiker Terra atau Atikom, yg ada stiker “sysnet”..bagaimana dgn garansi sysnet ini?.
October 24th, 2013 at 22:44
mas kalo hardisk portable ngak ada bonpembelian dari toko bisa NGAK DI KLAIM GARANSI NYA MAS karna say beli dari online mas tapi masih garansi sampai 2015 mas saya cek dari serian number dan srial produk nya ma
October 24th, 2013 at 23:45
ahmad nadirsyah: mestinya bisa karena pada harddisk itu biasanya ada stiker toko atau distributor. Pastikan stiker itu tidak rusak.
September 22nd, 2015 at 18:03
mas mau nanya tapi maaf melenceng sedikit, saya punya hdd WD nah hdd saya karena pemakaian minta di format, saya takut data” saya hilang makannya saya dateng ke Teknisi untuk recovery.
pertanyaan saya apakah HDD yang udah k bongkar bisa d RMA ke distributor resminya bila terjadi kerusakan lg ?
October 16th, 2015 at 11:46
Otte: Kalau sudah dibongkar nampaknya tidak bisa. Stikernya kan sudah pada copot. Tapi BTW, saya sendiri belum pernah membongkar lalu rusak lalu dicoba dikembalikan.
January 29th, 2016 at 15:45
Mohon info pak, apabila HD seagete 500 GB kita masih garansi tetapi kartu garansinya hilang apakah bisa diservicekan atau diganti ya pak, kendala HD saya tidak bisa kedetect, tq
February 14th, 2016 at 20:23
zain: tidak perlu pakai kartu garansi, kan di harddisknya ada stiker tokonya
April 22nd, 2016 at 14:09
maaf mau tanya neh,
hardisk saya tidak ke detek di pc dn laptop lainnya,
yg jd masalah bisa gak ngebalikin data yang ada di hard dish tersebut,
soalnya data nya penting banget,
saya coba ke toko untuk claim, dia hanya bisa tukar baru,
pemakaina baru 3 bulan dn garansi 1 tahun dari tokonya,
June 27th, 2016 at 10:46
pak, HD saya Seagate Expansion 500gb . tapi ga ada sticker nya . apa bisa service ( bandung ). garansi msh sampai 2017 . kebetulan HD saya tiba2 ga bisa terbaca .
October 5th, 2016 at 21:58
mau tanya bang kesimpulannya untuk awetnya antara seagate dan wd ,tahan lama yang mana
October 16th, 2016 at 10:11
Mohon info pak, saya punya hdd external seagate 1 Tb, saat pemakaian sebelumnya lancar saja namun skrg hdd saya tidak terdetect dan berbunyi ketika dicolokkan ke laptop ? Apakah bisa diperbaiki ? Makasih
November 23rd, 2016 at 11:54
Habib : Wah kalau gitu sudah sulit …. Nampaknya motornya ada masalah atau di piringannya ada sesuatu yang membuat gerakannya tidak lancar.
November 23rd, 2016 at 12:03
abdul : sebenarnya sama saja. Kualitas dua merek itu sudah sangat bagus. Kalau ada masalah, mungkin hanya insidental saja. Tapi secara umum keduanya sama bagusnya.
December 7th, 2016 at 11:50
asti : mestinya bisa. Coba tanya ke tempat di mana anda beli dulu.
December 7th, 2016 at 12:10
agung : Wah kalau sudah tidak bisa didetek itu paling parah. Karena ya sudah tidak bisa lagi diakeses. Berarti sudah sangat sulit mengembalikan datanya.
January 12th, 2017 at 20:06
harddisk Seagate saya rusak. bisa claim kemana ya? saya cari info nomor Seagate Indonesia hasilnya nihil. makasih
January 20th, 2017 at 19:38
Yola : Coba tanya ke tempat di mana anda dulu membelinya. Toko komputernya.