# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 6864

Indonesia tidak akan jadi lebih baik dengan semakin  banyaknya orang seperti ini. Ini bermula dari ekspos tulisan saya yang jadi lebih luas gara-gara backup blog ini di blogdetik dipilih oleh detik.com sebagai blog pilihan. Akibatnya banyak orang datang melihat, memberi komentar, dan … membajak! Hari-hari pertama saya temukan satu orang, lalu berikutnya ada satu lagi tapi untuk entri tulisan yang lain tapi dengan foto yang diganti, dan pagi ini saya menemukan tulisan saya yang dibajak itu, … yang dikesankan bahwa dia yang menulisnya. Ini yang tidak saya suka.
Jelas tidak ada tindakan efektif yang bisa saya lakukan kecuali counter saya pada tulisan ini, yang sekaligus menegaskan bahwa itu adalah tulisan saya. Bukan mereka. Blog pertama yang saya temukan adalah pada alamat ini : http://yusufinside.blogspot.com/2009/02/mengatasi-limited-or-no-connectivity.html – lalu yang barusan saya temukan adalah : http://sanitya.wordpress.com/2009/02/13/mengatasi-%E2%80%9Climiteid-or-connectivity%E2%80%9D/
Yang pertama ini screen shot-nya, just in case nanti diubah :
plagiat1

Ini yang kedua :
plagiat2

Si Yusuf menjiplak tulisan saya mentah-mentah, dan karena di awal tulisan saya menggunakan subjek “SAYA” maka kesannya seperti dia lah yang menuliskannya. Lalu si Sanitya, dia mengubah intro tulisan, sementara poin-poin berikutnya dijiplak persis.
Mungkin mereka juga sama berpikir dengan saya, yaitu tidak bisa ada tindakan efektif yang dilakukan, tapi sekurangnya saya sudah membuat counter ini, dan tulisan ini pun akan masuk ke search engine.
Ada lagi yang lain sebenarnya, tapi dia santun dan menuliskan sumber di mana asal tulisan itu. Saya menuliskan sesuatu di kolom komentarnya dan dia menjawab. Responsif. Tapi yang dia lakukan bukan pada tulisan tentang Mengatasi “Limited or No Connectivity”, tapi tentang yang lain. Dia ada di sini.

Bagikan pada media sosial :