# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 1945

Masih saja bersambung thread ini :) … Ya gimana lagi, memang masih banyak yang dituliskan. Hingga saya tuliskan ini, Saya belum juga menerima sertifikat resmi tanda lisensi. Yang ada adalah dokumen dengan tandatangan sebagai bukti bahwa ada kerja sama antara lembaga tempat kerja Saya dengan Microsoft; yang dengan itu saja katanya sudah cukup sebagai bukti bahwa penggunaan software Microsoft di kantor Saya adalah sah.
Yang ingin Saya sampaikan kali ini adalah beberapa hal soal Licensed Download. Di awal proses lisensi, ada tawaran untuk menerima paket software dalam bahasa tertentu, tapi tawaran itu ternyata default hanya untuk dua bahasa saja. Kalau mau lebih dari dua bahasa, harus ada biaya lagi. Saya kira Saya hanya akan diberi software dengan interface dua bahasa saja, tapi kenyatannya adalah, shipment dari Microsoft di Singapur ke kantor Saya hanya dibatasi dalam dua bahasa saja, dalam bentuk CD maupun DVD. Belakangan Saya jadi jelas bahwa ternyata di situs Microsoft ada halaman di mana kita bisa melakukan download semua software yang dilisensikan hampir dalam semua bahasa yang disediakan oleh Microsoft. Karena Saya mintanya adalah dalam versi Inggris dan Jepang, maka ketika melakukan (licensed) download, saya melakukannya untuk bahasa yang lain, yaitu Jerman dan Perancis.
Masalahnya adalah melakukan (licensed) download ternyata tidak mudah. Intinya adalah memerlukan kesabaran yang tinggi :(Beberapa poin yang saya alami berikut  solusinya adalah :

  1. Masuk ke halamannya saja susah!
    Masuk ke halaman-halaman awal cukup mudah, tapi ketika mau masuk ke halaman licensed download, seringkali gagal. Sudah memasukkan Windows Passport dengan benar termasuk password-nya, seringkali dibilang salah. Ketika Saya kira Saya memang salah mengetikannya, lalu Saya coba perbaiki password, itu malah memperrumit masalah. Mondar-mandir saja terus ke halaman yang sama, dan tetap tidak bisa masuk ke halaman licensed download. Saya frustasi. Sempat terpikir apakah saya memang harus menggunakan semua produk Microsoft ketika mengerjakan ini ? Misalnya menggunakan browser IE atau menggunakan email dari Hotmail. Akhirnya saya menemukan solusinya tanpa sengaja, yaitu dengan cara men-delete browsing history. Dengan menggunakan IE7, saya lakukan itu. Saya pilih “delete all”, lalu masuk lagi ke halamannya, dan ternyata bisa masuk dengan mulus. Sialan !
  2. Save Email & Password hanya basa basi
    Ketika diminta memasukkan Windows Passport dan password-nya selalu ada pilihan untuk save email & password. Ternyata itu hanya basa-basi. Saya tidak men-delete browsing history, tapi ketika balik ke halaman itu, tetap saja kita ditanya. Kenapa menyebalkan ? Karena ketika kita membuat password untuk Windows Passport kita diminta untuk membuat “strong password” yang konsekuensinya adalah harus panjang dan campuran dari berbagai karakter. Menuliskan berulang-ulang itu yang membuat kesal. Apalagi setelahnya gagal masuk ke halaman yang diinginkan :(
  3. Download Manager dari Akamai sering tidak bisa resume
    Ini adalah poin yang paling menyebalkan dari semua! Ketika masuk ke halaman akhir sebelum download, ada dua pilihan untuk melakukannya, yaitu via download manager yang disediakan Microsoft (yang dibuat oleh Akamai) dan via website. OK, saya melakukannya dengan download manager default yang disediakan, tapi kalau ada masalah ditengah download, seringkali tidak bisa di-resum. Error sama sekali, kalau download diulangi, kita harus mengulanginya dari awal. Bayangkan saja men-download Encarta 2009 yang 2 Giga lebih; ketika sudah sampai 2 Gigaan, lalu putus dan tidak bisa resume. Padahal komputer sudah dinyalakan 24 jam untuk itu selama 2 hari. Siapa yang tidak kesal ?
  4. Download Manager lain perlu password
    Sebagai alternatif dari download manager dari Akamai itu, Saya coba gunakan Download Accelerator Plus (DAP). Ketika menggunakannya jelas Saya harus pilih download via website yang lalu nanti ditangkap oleh si DAP. Tapi di sini ada masalah serius. Bila karena satu dan lain hal download terganggu, ternyata ketika kita mau resume, kita diminta username dan password. Tentu saja saya ketikkan email Windows Passport dan passwordnya, tapi ternyata tidak jalan! Kalau sudah begitu, ya tidak ada jalan lain. Download gagal, dan harus diulangi dari awal.

Jadi begitulah yang saya maksud dengan “memerlukan kesabaran” itu. Tapi apa boleh buat. Itu yang harus dilalui untuk mendapatkan software berlisensi, yang meskipun sulit, tapi ternyata kita mendapatkan lebih banyak software dari yang terdaftar pada kesepakatan lisensi.

Bagikan pada media sosial :