# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 40833

Ini adalah update dari review saya sebelum ini untuk Axioo Neon MNC 815C. Beberapa hari sesudah saya menulis review itu, saya mencoba mencari penyelesaian untuk dua masalah utama yang sudah saya identifikasi sebelumnya pada lingkungan Windows 7 di laptop ini. Masalah tersebut adalah soal display yang terpaksa jadi hanya 1024 x 768 sehingga tampilan gambar tidak tampak proporsional; dan soal output suara, yang jadi kresek-kresek kalau kita menggerakkan mouse ketika sedang playback mp3. Dua-duanya akhirnya menemukan solusinya. Untung saja, soalnya saya hampir menulis review Windows 7 (lagi) dengan penekanan pada masalah driver dan kompatibilitas.
Saya pikir dua masalah itu letaknya adalah pada driver. Ketika Windows 7 selesai saya instal, pada device manager tidak ada tanda seru kuning itu untuk entry display dan sound. Langsung saja sejak itu laptop ini saya pakai, padahal saya tahu bahwa di website-nya Axioo ada driver yang disediakan untuk Vista (yang suka diklaim akan jalan juga di Windows 7). Ketika itu, saya kira driver bawaan Windows 7 mungkin lebih bagus, jadi saya tidak tergerak untuk mencoba driver di website itu (apalagi itu dinyatakan untuk Vista). Lalu saya iseng coba-coba saja. Unduh driver-driver itu dan instal. Hasilnya ?
Ketika saya cek di bagian Screen Resolution, ternyata sekarang sudah ada pilihan 1280 x 800. Saya coba untuk ganti ke resolusi itu, dan sekarang tampilan bisa jadi penuh. Gambar tidak lagi cembung secara vertikal. Sayang sekali saya tidak membuat screen shot untuk device manager di bagian driver yang sebelumnya untuk perbandingan, tapi setelah saya instal driver untuk Vista itu, pada device manager kelihatannya seperti ini :

vga2-ok

Seingat saya, memang driver version ini lebih tinggi dari yang sebelumnya. Tampilan lebih baik, refresh rate tetap sama, tapi tahun driver-nya adalah 2008. Kalau kita coba untuk Roll Back Driver, anehnya saya tidak mendapatkan driver yang sebelumnya, tapi sekedar Standard VGA Display. Jelas, driver ini tidak akan mungkin lebih baik. Yang menarik adalah, penggantian driver ini tidak hanya berpengaruh pada tampilan, tapi skor Windows Experience Index jadi berubah sedikit. Yang sebelumnya sub-skor untuk SiS Mirage 3 Graphics bisa dilihat pada review saya sebelum ini, setelah driver di-update, sub-skor-nya adalah :

newdriver

Naik 0,2 poin! Mungkin memang kecil, tapi membuktikan bahwa sub-skor WEI ternyata tidak hanya ditentukan oleh hardware per se, tapi juga driver-nya. Barangkali kalau kenaikan sub-skor ini cukup tinggi, bisa berpengaruh pula pada Base Score.
Lalu soal sound driver, begitu saya instal driver dari website Axioo itu dan coba, ternyata suara keluar dengan mulus. Saya gerakkan mouse ke mana-mana, scroll up – down, lalu menjalankan dan mematikan program, suara di speaker sama sekali tidak terdengar cacat dengan kresek-kresek seperti sebelumnya. Kali ini saya membuat screen shot dari driver sebelum dan sesudahnya. Sebelumnya, driver-nya seperti ini :sound old Setelah di-update dengan driver dari website-nya Axioo itu, jadi seperti ini :
sound-ok

Ternyata High Definition Audio Device itu adalah Realtek! Angka tahun driver-nya 2008, tapi justru ini yang lebih bagus. Yang sebelumnya tertulis 2009 karena memang Windows 7 keluar tahun 2009. Ini bukti bahwa driver bawaan Windows 7 ternyata tidak sempurna.
Dengan adanya dua update ini, playback musik jadi lebih bagus (pada Audio Manager-nya bahkan ada beberapa pilihan efek ruang dan equalizer), dan tampilan bisa lebih lega serta proporsional, meski font jadi tampil sedikit lebih kecil. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi pengguna laptop Axioo MNC Neon 815C dengan OS Windows 7.

Bagikan pada media sosial :