# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 2462

Buat saya, orang yang pekerjaannya menerjemahkan, entah dari bahasa apapun, ke bahasa Indonesia, bila ia punya komputer dan koneksi Internet, tapi ia belum tahu Bahtera, maka orang itu betul-betul rugi. Bahtera adalah singkatan dari Bahasa dan Terjemahan Indonesia, sebuah milis di Yahoogroups yang isinya adalah komunitas penerjemah, entah dedicated translator atau hanya occasional saja, semua kumpul di situ.
bahtera1Tanggal 7 Februari 2009 ini, mereka yang khususnya berdomisili di Bandung mengadakan kopi darat, berupa lokakarya penerjemahan Inggris – Indonesia. Tempatnya kebetulan adalah di kantor saya. Saya kebetulan diminta untuk membantu merekam (audio), memotret, dan menyediakan koneksi Internet. Saya sendiri masuk ke komunitas ini persisnya adalah 5 Mei 2002, tapi bahkan sejak pertama masuk saya hanya sesekali saja posting, terutama ya kalau ada masalah dengan penerjemahan yang sedang saya lakukan.
Di acara kopi darat ini saya tidak begitu aktif ikut, hanya sesekali nimbrung, dan terutama datang ke acaranya kalau saya dipanggil. Ada yang harus saya kerjakan di ruangan saya, sehingga saya tidak bisa terus-menerus ikut. Kalau dilihat yang datang, satu-satunya orang yang saya paling kenal adalah Ibu Sofia Mansoor; beliau mantan penerjemah di ITB, yang dulu pernah bekerja sama dengan kantor saya. Saya pun pernah kontak dengan beliau untuk sebuah pekerjaan menerjemahkan.
bahtera2Acara lokakaryanya saya pikir, tidak “horizontal”, tapi semacam mengasumsikan bahwa ada yang lebih pakar dan ada yang freshmen. Mungkin memang ada bahkan banyak yang freshmen. Barangkali memang ada alasan mengapa dilakukan begitu. Ada juga saya dengar akan ada presentasi dari HPI alias Himpunan Penerjemah Indonesia. Sampai saya tuliskan ini, saya belum mendengar itu lebih banyak.
Last but not least, hingga sekarang saya memperlakukan arsip diskusi milis Bahtera sebagai kamus. Kalau saya ada masalah dengan terjemahan suatu kata dalam bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, saya search arsipnya, dan hampir selalu saya menemukan jawabannya. Untuk bisa akses ke arsip, tentu kita harus menjadi anggota milis dulu.
Dokumentasi foto pertemuan di Bandung ini dapat dilihat di sini dan sini.

Bagikan pada media sosial :