# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 76587

smart-telecom Dengan satu dan lain cara, akhirnya saya berhasil mendapatkan modem EVDO dari salah satu provider CDMA yang kini namanya semakin banyak dibicarakan, yaitu SMART. Provider ini sendiri sebenarnya menyediakan beberapa alternatif untuk koneksi internet, tapi yang dalam bentuk modem hanya ada satu, yaitu dari produk ZTE, dengan tipe AC 2726. Frekuensi yang didukungnya hanya satu, yaitu 1900 Mhz sehingga praktis karena yang menggunakan jalur frekuensi ini (sekarang) hanya SMART, maka modem ini tidak bisa digunakan untuk provider lainnya, meski (katanya modem ini tidak dikunci hanya untuk SMART).

Pada paket penjualannya, kita akan mendapatkan :

1. Modem ZTE tipe AC2726

2. Sebuah kabel USB Extension

3. Kartu SIM Card SMART

4. Manual

5. Kartu Garansi ZTE

6. Daftar Tempat Servis ZTE

ModemAC2726 Menurut stiker yang ada di bungkusnya, harga paket modem ini adalah 888 ribu, maka dengan pajak 10% berarti harga jual normalnya adalah sekitar 975 ribuan. Tapi untungnya, saya bisa mendapatkannya hanya dengan 950 ribu saja, dengan jaminan bahwa isinya tetap sama, meski plastiknya sudah agak kusut dan kusam. Setelah didaftarkan dan diaktifkan, langsung bisa digunakan. Ternyata semua software yang dibutuhkan sudah ada di dalam modemnya, sehingga bila kita tancapkan di sebuah komputer, dia akan melakukan instal secara otomatis. Prosesnya cukup cepat, dan langsung bisa digunakan.

smartpaket Ketika itu saya mencobanya untuk pertama kali di toko dengan sebuah netbook. Sinyalnya penuh, dan ada tanda EVDO di sampingnya. Browsing sama sekali tidak ada masalah, membuka beberapa tab juga tidak ada masalah sama sekali. Tentu saja saya tidak mungkin mencoba semuanya, … tapi secara umum nampaknya memuaskan. Menurut penjaga counter, saya bisa menggunakannya secara gratis secara 100 hari, alias 3 bulan, dan ini adalah unlimited, … jadi tidak ada batasan dalam sehari saya mau download berapapun, … tapi kemudian ia bilang bahwa kalau sudah mencapai batas tertentu (saya lupa) maka kecepatannya akan menurun. Setelah itu, tentu saja saya harus membayar sesuai dengan jenis paket yang akan digunakan.

Bicara soal SMART, semua orang pasti jadi ingat iklan di televisi yang menunjukkan seorang polisi yang tiba-tiba muncul di kamar seseorang yang mengingatkan kalau internetnya sangat cepat, … atau adegan ketika seseorang sedang membuka YouTube, dan tayangan gambarnya berhenti / patah-patah, tapi ketika diganti SMART, maka tayangan berupa live show sebuah band itu jadi lancar. Apakah pada kenyataannya demikian? Sayangnya, saya terpaksa bergabung dengan rombongan orang-orang yang kecewa.

Yang gampang saja. Saya masuk ke YouTube, dan memilih sembarang video, lalu playback. Apakah tayangannya lancar? Ternyata sama sekali tidak. Buffering-nya juga sangat lama. Malah, mau masuk ke halaman YouTube saja sudah lama sekali. Berdasarkan pengalaman saya sebelum ini untuk koneksi CDMA dengan provider Flexy menggunakan modem VT-12, saya mendapatkan bahwa ternyata kecepatan bergantung pada posisi di mana kita sedang berada. Ini juga sama dengan berarti kecepatan bergantung pada posisi relatif kita dengan BTS yang terdekat dengan kita, dan (mungkin juga) bergantung pada kualitas layanan internet yang ada di BTS itu sendiri. Saya baru mencoba di dua tempat di Bandung; di sekitar Setiabudi dan Cihampelas. Dua-duanya sama-sama lambat.

Hal lain adalah, katanya kalau sinyal EVDO sedang tidak ada, kita masih bisa menggunakan CDMA 1X, hanya jelas kecepatannya tidak akan sama dengan EVDO. Dari pengalaman saya, saya malah baru bisa melakukan browsing, hanya kalau EVDO-nya aktif dengan beberapa bar sinyal. Kalau sinyal EVDO ada, tapi bar sinyalnya tidak keluar, maka browsing sama sekali tidak bisa. Ini apalagi kalau yang keluar hanya CDMA 1X: lebih parah lagi! Berkenaan dengan EVDO ini, pertama kali saya mencoba di kantor adalah ketika cuaca di Bandung sangat buruk; ada hujan, angin, dan petir. Ketika itu saya melihat bahwa sinyal EVDO sama sekali tidak ada. Ketika semua reda, baru EVDO bisa muncul. Nampaknya EVDO cukup rentan dipengaruhi cuaca ?

Hal lain tentang paket modem (yang saya beli) ini adalah :

  1. Ada stiker yang mengatakan bahwa masa berlaku paket ini adalah hingga 31 Desember 2010. Padahal saya membelinya bulan Februari 2010. Kata penjualnya itu hanya sekedar stiker saja, dan dia sudah membuktikan bahwa memang internetnya (masih) bisa digunakan. Tapi apakah ini yang membuat saya tidak dapat menikmati high speed ?
  2. Pada modem juga ada slot miniSD, tapi dengan rekomendasi agar tidak dipasang card yang lebih dari 4G, karena katanya akan membuat koneksi jadi lambat.
  3. Saya coba instal di laptop saya yang punya 3 sistem operasi: Windows 7 Enterprise, Windows Vista Ultimate, dan Windows XP SP3. Anehnya, modem ini hanya bisa jalan pada sistem operasi default. Saya buat agar default-nya adalah Windows 7. Modem tidak bisa jalan di Vista dan XP, meski software terinstal dengan sempurna. Aneh. Oh iya, saya pasang juga di Windows 7 64 bit, ternyata bisa (bukan multi operating system, tunggal saja).
  4. Pada manual disebutkan akan muncul tanda tertentu kalau koneksinya roaming. Anehnya tanda itu di saya ada. Padahal saya di Bandung, dan nomer SMART yang saya gunakan adalah area Bandung (lengkapnya BANDUNG JAVA-2). Bukankah roaming itu maksudnya kalau kita menggunakan layanan ini di luar kota?
  5. Entah saya belum menemukannya, atau memang pada kenyataannya tidak ada, … di buku manual disebutkan bahwa pada software modem ini ada fitur manual update dan auto update, tapi saya sudah cari-cari, keduanya tidak ada. Jadi, sebenarnya apakah ada software support untuk produk ini?
  6. Bila kita klik Help pada software-nya dan kita pilih online service, maka browser akan mencoba membuka halaman http://www.ztemt.com/ennewzte/default.action – tapi ternyata halaman itu kosong belaka, malah menunjukkan kalau halaman itu sebenarnya tidak ada!

Demikian pengamatan saya atas paket modem SMART ini. Barangkali memang ada trik-trik yang harus dilakukan agar koneksinya bisa optimal. Anyway, saya berpendapat ini adalah layanan internet yang cukup murah, selain dari Flexy yang telah saya review sebelumnya.

Bagikan pada media sosial :