# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 4162

networkSetelah kemarin Saya menemukan kelebihan Vista dengan file systemnya yang mampu membaca disk yang corrupt struktur FAT-nya, Saya tanpa sengaja menemukan kelebihan lainnya. Yang Saya maksud dengan kelebihan di sini adalah yang mungkin kurang dipublikasikan, atau sekurangnya yang Saya sendiri belum tahu.
Kamis kemarin, di kantor, Saya dibikin bingung dengan keadaan di mana semua koneksi Internet tidak jalan. Sebagian besar yang menggunakan XP menampilkan pesan yang seperti biasanya itu: “limited or no connectivity”. Setelah sampai ke ruangan, Saya menyalakan dua komputer sendiri, yang OS-nya adalah Vista. Anehnya, kedua komputer Saya ini baik-baik saja koneksi Internetnya.
Berhubung kedua komputer Vista Saya itu nyambungnya langsung ke router yang built-in di modem ADSL, Saya pikir mungkin yang ada gangguan adalah koneksi router ke hub atau hub-nya sendiri yang rusak. Saya coba kencangkan kabel, dan sesudahnya ngecek koneksi di ruangan lain (inilah menyebalkannya ngecek jaringan sendirian!), ternyata Internet-nya belum nyambung juga; ruangan lain juga sama. Saya coba hubungkan kabel itu ke komputer dengan OS Vista di ruangan Saya, … aneh, kok Internetnya jalan?  Jadi kepikiran, jangan-jangan hub-nya yang rusak, tapi kok lampunya masih nyala kedap-kedip?
Saya hampir saja memutuskan akan mengganti hub (yang sungguh males melakukannya karena sudah di posisi fixed dan banyak kabel terhubung ke sana), tapi untung sebelumnya kepikiran, bagaimana kalau sekarang dari router ke hub dihubungkan, dan dari hub dihubungkan ke komputer yang OS-nya Vista. Saya juga heran kenapa Saya bisa punya ide begini, soalnya seharusnya kan Saya mikir, kalau koneksi lagi down, mau make komputer dengan OS apa aja ya nggak akan bisa nyambung ke Internet.
Tapi ternyata Saya salah. Dan ini sungguh di luar dugaan. Komputer dengan OS Vista itu bisa nyambung ke Internet tanpa masalah. Bukankah ini aneh? Semua komputer dengan OS XP tidak mau nyambung ke Internet, tapi yang Vista kok nyambung? Jadi kalau gitu yang rusak berarti bukan 1) koneksi router ke hub, 2) hub-nya sendiri, 3) apalagi komputer-komputer klien, TAPI si modemnya! Tapi kalau modemnya ada error, kenapa komputer dengan OS Vista bisa nyambung?
Saya tidak punya alternatif jalan keluar lain lagi tentang masalah ini, tapi Saya kepikiran untuk me-reset si modem; langkah yang selalu Saya lakukan dulu (sebelum pake Vista) kalau koneksi macet. Apa yang terjadi? Diluar dugaan lagi, … ternyata semua koneksi jadi jalan lagi! ; semua yang pake XP jalan, yang Vista ya tetap jalan.
KESIMPULANNYA: ternyata Vista punya kemampuan lebih untuk tetap survive dalam hal koneksi network / Internet, meski ada gangguan di modemnya. Yang Saya gunakan dua jenis Vista, yaitu versi Corporate dan Business. XP menuntut modem di reset ketika modem ada gangguan, sedangkan Vista tidak, yang sekaligus Vista itu berarti adalah sebuah OS yang mengurangi pekerjaan maintenance!

Bagikan pada media sosial :