# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 2492

Ketika saya tuliskan ini, saya sudah berhasil mensetup blog di tomita.web.id. Itu tidak berjalan mulus, tapi seperti biasa dengan trial & error. Saya juga konsultasi dengan tempat hosting dan situs support untuk blog WordPress. OK, prinsipnya adalah kita harus bisa menjalankan blog itu di komputer kita sendiri dulu sebelum di upload ke hosting. Untuk itu, yang pertama-tama diinstal adalah XAMPP. Program ini berisi integrasi antara PHP, MySQL, dan beberapa lainnya yang diperlukan untuk simulasi komputer kita agar seolah-olah bisa seperti sebuah server yang menjalankan blog WordPress kita nanti. Instalasi program ini akan menempatkannya secara default di drive C. Dari sebuah buku, saya disarankan untuk instal ke folder default saja.
Masih dari buku yang sama, sebelum mengaktifkan XAMPP, kita diminta untuk terlebih dahulu menonaktifkan IIS alias Internet Information Services. Caranya adalah dengan ke Control Panel, lalu ke ikon add / remove software. Lalu kita pilih software Windows, karena IIS memang program bawaan Windows. Saya melakukan ini di Windows XP, ketika saya lakukan yang sama di Vista, saya tidak tahu di mana IIS berada. Di sini ada dua pilihan, menonaktifkan atau uninstall. Yang saya lakukan adalah menghilangkan tanda checklist saja di Internet Information Services. Setelah itu dilakukan baru XAMPP kita jalankan. Hmm, saya pikir mungkin lebih baik menonaktifkan IIS dulu baru instalasi XAMPP.
Setelah terinstalasi dengan baik, XAMPP tidak akan off. Jendela program ini tetap jalan, dan kita diminta untuk mengaktifkan dua service yang ada di situ, yaitu Apache dan MySQL. Tinggal klik saja tombol start yang ada di sebelah Apache dan MySQL. Yang saya lakukan sesudah itu adalah me-minimize-kan XAMPP. (Saya tidak tahu apakah setelah di aktifkan dua service tadi maka XAMPP bisa dimatikan?). Untuk mengecek apakah XAMPP telah membuat komputer kita sebagai simulasi server, kita jalankan browser dengan alamat http://localhost/phpmyadmin. Akan keluar tampilan seperti ini : phpmyadmin
A
da tulisan, create new database, masukkan nama database yang diinginkan, misalnya ‘wordpress’, setelah itu klik create. Hasilnya adalah nanti akan ada tampilan seperti ini :
phpmyadmin2 
S
etelah itu selesai, kita ekstrak engine WordPressdan kita masukkan ke folder c:\XAMPP\htdocs\wordpress. Folder WordPress pasti belum ada, kita harus membuatnya sendiri secara manual.
Bila itu sudah selesai, kita jalankan browser lagi, lalu kita tulis alamat http://localhost/wordpress/ Yang muncul seharusnya adalah halaman awal instalasi WordPress. cukup sampai di sini dulu. Saya lanjutkan ke entri berikutnya.

Bagikan pada media sosial :