# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 2692

Logo WPIni yang sudah lama saya inginkan. Bikin publikasi di Internet dan yang kita pikirkan hanyalah konten-nya saja. Tidak usah pusing dengan HTML, desain, dan tetek bengek yang lain. Poin saya adalah, media harus memberikan kemudahan bagi komunikasi. Tapi kalau presentasinya di media saja sudah prosedural dan tidak user-friendly secara teknis, maka konten malah jadi nomer sekian. Padahal justru itu yang mau dikedepankan.
H
arapan saya dulu itu nampaknya sekarang belum 100% bisa terwujud. Dengan adanya fasilitas blog gratis di mana-mana yang sekarang ini memang membuat segalanya jadi mudah. Tapi nampaknya harga gratis itu mesti dibayar dengan embel-embel domain yang numpang di tempat lain. Personalisasi agak kurang memuaskan. Apalagi kalau mau terlihat profesional sekalian. Barangkali memang harus menunggu evolusi soal ini ke tahap berikutnya.
A
kan tetapi saya yang phobia programming ini mencoba untuk nekat. Saya mencoba untuk membuat blog saya ini dengan domain saya sendiri (www.tomita.web.id) dengan engine wordpress yang di upload ke hosting. Konsequensinya saya mesti tahu PHP dan MySQL, dua hal yang sampai sekarang saya belum temukan bukunya yang mudah dipahami. Setelah coba-coba sendiri, tanya ke customer support hosting, dan tanya ke wordpress republik, akhirnya Saya nyaris bisa melakukan itu! :)
S
aya bilang nyaris, karena sampai saya buat tulisan ini, saya belum bisa impor semua konten blog saya di blogdetik ini ke sana. Maka dari itu saya buat blog ini sebagai catatan sampai nanti (mudah-mudahan) berhasil sepenuhnya.
O
K. Yang diperlukan adalah :

  1. Beli domain
  2. Hosting (dalam hal ini hosting saya adalah di MWN)
  3. Engine WordPress, yang bisa diperoleh di sini.
  4. Sebuah program integrasi PHP, MySQL, dan lainnya di sini.
  5. Blog yang sudah dibuat sebelumnya dengan platform WordPress.

Sekurangnya yang akan saya uraikan adalah yang saya alami. Jadi skenario saya adalah, pertama membuat sebuah blog dulu di manapun dengan platform WordPress. Lalu sesudah itu kita beli domain, sewa hosting, lalu memindahkan blog yang sudah kita buat itu ke hosting yang kita sewa dan dicantelkan ke domain kita.
Catatan tentang ini untuk pertama saya cukupkan dulu sampai di sini. Sampai ini saya tuliskan, saya baru bisa mencapai tahap seperti yang bisa dilihat di www.tomita.web.id – Padahal saya ingin tomi.blogdetik.com semuanya saya pindahkan ke domain itu (Di sambung ke entri berikutnya seperti biasa).

Bagikan pada media sosial :