# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 1901

bbupi Sebuah konperensi tentang CALL diadakan di UPI Bandung. Tadinya ini saya kira seminar, tapi setelah siang ini saya daftar, dan mendapatkan sneak peek dari makalah-makalah yang akan disajikan, wah .. ini adalah sebuah konferensi sekaligus (nampaknya) lokakarya. Mirip dengan yang pernah saya ikuti sebelumnya yang laporannya pernah saya tulis di blog saya ini (GLOCALL). Waktu itu di Jakarta, dengan afiliasi ke APACALL, dan beberapa organisasi Internasional lain tentang CALL. Yang di UPI ini, meskipun menyandang tag “international”, tapi saya lihat pemakalah dari luar negeri hanya dari Malaysia dan Brunei. Sementara ada seorang lagi pada plenary speaker dari Inggis.
Tanpa bermaksud melebih-lebihkan, saya ingin mengatakan bahwa event seperti ini sangat penting bagi perkembangan ICT di Indonesia. Selama ini, apapun yang berhubungan dengan ICT pasti dilatarbelakangi oleh orang-orang dari Informatika atau Elektronika. Kalau ada yang menonjol, penting, atau berpretasi di antara mereka, bukankah itu tidak aneh? Apanya yang aneh ketika dikatakan misalnya bahwa situs e-learning terbaik adalah www.ilmukomputer.com ? Yang mau saya katakan adalah kalau puncak-puncak perkembangan ICT Indonesia masih selalu digawangi oleh orang-orang yang memang sehari-hari major-nya adalah Komputer dan Internet, apakah fair kalau itu dikatakan sebagai indikasi dari perkembangan ? Nah, CALL (Computer-Assisted Language Learning) adalah sebuah contoh, bagaimana kalangan non-komputer (yaitu para pendidik bahasa) menggunakan komputer untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja sebuah proses (yang dalam hal ini adalah pembelajaran bahasa).
Event di UPI ini tidak secara eksplisit menyebutkan CALL (meski pada Call for Paper-nya dinyatakan tentang itu). Detil persisnya adalah sebagai berikut :
Judul : KONFERENSI INTERNASIONAL LINGUISTIK TERAPAN 2 (CONAPLIN2 2)
Tema : Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Studi Bahasa, Pendidikan Bahasa, dan Penggunaan Bahasa”
Keynote Speakers : Dr. Hywell Coleman (Leeds Unv, UK) & Dr. Hananto (Universitas Pelita Harapan, Jakarta)
Penyelenggara : Balai Bahasa Universitas Pendidikan Indonesia
Alamat Penyelenggara : Jl. Dr. Setiabudhi 229, Bandung 40154 Telp. (022) 2000022
Tanggal Pelaksanaan : 3 – 4 Agustus 2009
Judul-judul makalah yang akan ditampilkan cukup provokatif. Beberapa di antaranya :

  1. Online Group Discussion and Students’ Interests in Writing
  2. Active Learning through Online Forum
  3. Communicative Competence in Internet Chatting
  4. Learning Environment: Blogging as a Platform for Language Learning
  5. Blogging for English Language Teaching
  6. Engaging WebQuest in EFL Writing Classroom
  7. The Construction of Social Identity on Facebook

Kebetulan saya akan mengikuti event ini. Semoga benar-benar menarik dan mencerahkan. Saya akan cerita tentang hal-hal itu nanti pada saatnya.
Pengumuman resmi mengenai acara ini dapat dilihat di halaman ini.

Bagikan pada media sosial :