# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 2325

Sejak keluar versi beta-nya, Windows 7 sudah cukup menimbulkan sensasi. Ya setidaknya untuk segolongan orang tertentu. Sistem operasi itu memberikan janji bahwa itu akan lebih baik, lebih ramah terhadap spesifikasi hardware, dan lebih aman. Hari-hari ini orang mulai memperbincangkan lagi tentangnya. Ini tentu karena versi yang lebih baru, yaitu Release Candidate 1 (RC1) sudah keluar.
w7 Maka sama juga seperti sebelumnya, berbondong-bondong orang berusaha mendapatkannya. Kompas melaporkan bahwa situs download RC1 itu mengalami crash gara-gara terlalu banyak orang men-download Windows yang sebenarnya belum dinyatakan layak pakai bagi publik itu. Demikian pula halnya dengan Saya, sebelumnya ada belasan orang yang minta dikopikan Windows 7 beta. Sekarang – mungkin sebagian adalah orang yang sama dengan yang sebelumnya – mereka minta Windows 7 RC1 itu. Barangkali saya tidak sama dengan orang-orang lainnya; komunitas yang ada di sekitar tempat kerja saya rata-rata tidak terlalu paham betul tentang komputer dan perkembangannya. Oleh karena itulah saya merasa perlu menuliskan ini.
Selain diminta kopi, saya juga diminta membuat review. Saya pikir, di antara begitu banyak pekerjaan sehari-hari mana sempat melakukan itu. Apalagi yang namanya review untuk sebuah sistem operasi, pasti harus menyeluruh, menyimak semua fiturnya, dan itu pasti akan memakan waktu dan usaha. Maka yang saya lakukan adalah menunjukkan ke mereka beberapa link yang dibuat oleh rekan-rekan MUGI. Itu pun yang saya lihat baru review permukaan saja, belum in-depth. Sekedar perbandingan dari versi beta-nya, atau dari Vista.
windows_7-1 Apa yang harus segera saya katakan adalah bahwa Windows itu, sebelum dinyatakan sebagai versi final (final release) maka itu sebenarnya sama sekali belum layak pakai bagi publik, apalagi untuk pekerjaan-pekerjaan produktif. Tujuan Microsoft mengeluarkannya lebih dini sebenarnya adalah lebih untuk kalangan teknisi. Silahkan men-download, mengkopi, atau menyebarkannya, tapi nanti kalau ada masalah tidak ada support. Alih-alih Microsoft malah meminta untuk melaporkan masalah itu untuk kepentingan penyempurnaan.
Saya sendiri belum mencoba versi RC-1 ini. Sebelumnya saya sudah mencoba versi beta-nya, dan itulah antara lain yang membuat saya menulis entri blog ini. Secara singkat mau saya katakan, tidak ada perbedaan fundamental dalam hal fungsionalitas. Poin terbesarnya buat saya adalah soal persyaratan hardware yang konon bisa lebih kecil dari Vista itu. Ada yang bilang bahkan Windows 7 bisa dijalankan di Pentium III dengan RAM hanya 256 Megabytes. Kebetulan platform komputer yang saya coba adalah Dual Core, jadi saya belum sempat membuktikan sendiri apa betul bisa jalan bagus di komputer yang spesifikasinya rendah.
Barangkali saya juga terlalu menyederhanakan Windows 7. Tapi kita kembali ke pertanyaan utamanya: apakah pekerjaan yang bisa diselesaikan di sistem operasi lama akan bisa diselesaikan dengan lebih efisien dan efektif di sistem operasi baru? Saya kira tidak. Malah mungkin dengan pindah ke sistem operasi baru, kita akan dihadapkan ke kerepotan-kereporan baru. Saya harus bilang begini karena sebenarnya apalagi yang bisa diharapkan dari orang yang bekerja dengan komputer selain PRODUKTIFITAS?
OK. Akhirnya saya juga harus mengatakan, apa bagusnya mencoba-coba sistem operasi yang sudah dinyatakan HANYA bisa digunakan sampai Agustus 2009? Mungkin nanti di bulan September akan ada orang yang berusaha membuatnya tetap berjalan. Tapi itu tentu saja adalah sistem operasi yang cacat, manakala saat itu mungkin sudah ada versi finalnya.
Oleh karena itu saya mau mengatakan bahwa kehebohan sekarang ini sebenarnya terlalu dini. Early hype. Ini adalah peluang bagus buat media massa untuk membuat berita. Bagus juga untuk teknisi software agar bisa kelihatan selalu up to date (dengan membuat review, meskipun tidak in-depth). Selain itu, ini semua barangkali adalah semacam preliminary publication bagi Windows 7 itu sendiri.
Untuk yang berminat, Windows 7 bisa di download di sini.
Update @ 05-05-2009
Karena sebuah SMS, saya harus menambahkan ini: versi beta dan RC1 karena masih dalam taraf uji publik, maka tentu dapat di-download gratis. Nanti ketika versi finalnya sudah keluar, tentu saja orang harus membayar. Bisa melalui retail di toko software resmi.

Bagikan pada media sosial :