# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 4192

FDSebuah brownies dihadiahkan kepada Saya sebagai ungkapan rasa terimakasih. Pasalnya adalah, orang itu mengaku hampir nangis karena datanya yang tersimpan di flashdisk nyaris hilang sama sekali karena virus, katanya. Saya sendiri sudah mencoba mencolokkan flashdisk itu di komputernya, dan memang terlihat pada explorer sama sekali tidak ada data yang di dalamnya. Saya pikir paling-paling ini hanya karena si virus sudah mengubah atribut data di flashdisk itu menjadi hidden dan explorer sudah di set untuk tidak bisa melihatnya. Saya coba hilangkan checklist hide di setting view-nya, tetap saja flash disk itu tidak menunjukkan ada isi apapun. Saya coba lagi di komputer lain yang juga menjalankan XP dengan pikiran bahwa mungkin sesuatu yang residen di komputer tadi sudah membuat flashdisk jadi tidak kelihatan isinya. Tetap saja flashdisk itu terlihat kosong mlompong.
Saya merasa harus menuliskan ini karena terkejut saja. Soalnya ketika saya masukkan flashdisk itu ke komputer yang OS-nya Vista Corporate, flashdisk itu memperlihatkan ada data di dalamnya, meski saya lihat memang ada struktur folder-nya yang kacau karena adanya entri-entri yang aneh. Iseng, saya memasukkan lagi flashdisk tadi ke komputer yang pake XP, flashdisk itu tetap terlihat kosong. Hmm, apakah bisa dikatakan bahwa OS Vista itu punya kemampuan baca file system dengan lebih baik ? Saya lupa lagi nama file system-nya Vista (yang jelas bukan NTFS), tapi kalau gitu backward compatibility-nya bagus banget. Terbukti bisa membaca flashdisk yang FAT-nya corrupt (yang umumnya di format FAT32 itu).
He, he. Asyik juga, rasanya Saya tidak mengeluarkan usaha besar dengan mencari dulu software unerase, tapi kayaknya pemilik flashdisk itu berpikir saya sudah ngoprek. Yang saya lakukan hanya mengkopi semua isi flashdisk itu ke harddisk (ada beberapa file aneh yang tetap tidak mau dikopi dan saya biarkan saja). Lalu, si flashdisk saya format. Setelah itu kopian di harddisk tadi saya kopikan balik ke flashdisk. Habis perkara :)
Dan ternyata brownies kentang (brownies yang terbuat dari kentang!), enak juga. Nyaris nggak ada bedanya dengan brownies biasa :)

Bagikan pada media sosial :