# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 1224

Mungkin sekitar sebulan lalu, saya selalu memendam rasa sebel, bahkan pada saat pertama kali membacanya saya agak bersungut-sungut. Di dekat hotel Sukajadi Bandung terpampang sebuah spanduk yang berbunyi: “HINDARILAH KELUARGA ANDA UNTUK TIDAK TERLIBAT KEGIATAN GENG BERMOTOR”. Saya bahkan membatin, “Tolol!”
Kenapa tolol ? Ya soalnya kalimat itu malah isinya jadi bertolak belakang dari niat semula si penulisnya. Maksudnya tentu saja mengajak anggota keluarga supaya tidak terlibat kegiatan geng bermotor. Ini sih malah kita diminta untuk menghindari keluarga kita supaya tidak terlibat kegiatan itu. Aneh! Saya yakin yang membuat spanduk ini adalah polisi karena kalau tidak salah di bawahnya ada tulisan “Polda Jabar”.
Bahasa Indonesia memang bahasa yang kita pakai sehari-hari. Akan tetapi untuk menggunakannya secara logis (jangan  baik dan benar, tapi logis saja dulu), ternyata tidak terlalu mudah. Saya pikir, ajakan itu mungkin sebaiknya begini : “HINDARKANLAH KEGIATAN GENG BERMOTOR DARI KELUARGA ANDA”. Sederhana sebenarnya.

Bagikan pada media sosial :