# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 8794

Ada masanya ketika segala hal bagi kita baru dan kita tidak punya petunjuk sama sekali. Dalam keadaan seperti itu, jelas buku menjadi salah satu cara buat kita mendapatkan informasi. Kalau dipikir-pikir, perasaan panik atau mungkin disonan ketika kita tidak tahu mesti bagaimana dalam suatu situasi sebenarnya hanyalah psikologis saja. Wajar memang, kalau kita jadi tergerak mencari info karena kita bingung akan sesuatu. Tapi kalau ternyata situasinya tidak mendesak dan kita bisa pelajari sendiri, apakah kita masih perlu buku?
Barangkali jawabannya iya, tapi syaratnya adalah buku yang kita baca itu harus ditulis oleh orang yang jujur. Dalam hal ini bagi saya, kebanyakan para penulis buku komputer itu tidak jujur. Kenapa? Soalnya mereka terlalu banyak menuliskan apa yang sebenarnya sudah goes without saying, alias menjelaskan yang sudah kita bisa lakukan sendiri. Ini sudah saya ketahui sejak lama. Tapi tetap saja saya tertipu lagi.
Saya merasa tertipu soalnya apa yang dituliskan pada judul, ternyata tidak sama dengan isinya. Atau ternyata isinya adalah hal yang basic sekali, yang sudah semua orang tahu. Ini saya alami berkali-kali sejak saya mau belajar MS-Word dulu: masa hanya untuk membuka file saja mesti diberitahu? Jelas bikin buku tambah tebal, dan kalau sudah tebal maka harganya akan lebih tinggi.
bukublog.jpgBaru-baru ini Saya merasa tertipu lagi dengan sebuah buku tentang blogging. Judulnya adalah: “76 Trik Rahasia Blogspot”. Bayangkan, dari judulnya saja sudah dikatakan bahwa itu rahasia, maka berarti isinya adalah hal-hal yang tidak akan kita ketahui dengan mudah. Tapi coba apa isinya? Duh, ternyata hal-hal yang mendasar tentang bikin blog di Blogspot, yang semuanya pada dasarnya sama sekali bukan rahasia. Semua orang yang duduk diam di depan komputer dengan koneksi Internet dan membuat blog di Blogspot, selama kira-kira, katakanlah 3 jam, akan sudah tahu semua 75% isi dari buku itu. Ya, orangnya jangan terlalu gaptek lah.
Jadi, apakah membeli buku komputer itu masih disarankan? Nampaknya memang saya tidak bisa bilang “Jangan pernah beli buku komputer lagi”, tapi kalau bidangnya bener-bener gelap buat kita, dan kita sama sekali tidak bisa mempelajarinya sendiri, barulah kita ok beli buku komputer. Sekarang ini jamannya Internet, semuanya ada dan tinggal search saja. Dari yang saya alami, untuk mengetahui hal-hal yang populer tentang Internet dan komputer, tidak diperlukan kejeniusan. Ada orang-orang yang bisa dan mahir, dan itu lebih karena mereka mengetahui dan mencobanya lebih dahulu dari kita, dan menekuninya setiap hari.

Bagikan pada media sosial :