# Jumlah yang Melihat Tulisan Ini : 3717

Baru saja saya menerima beberapa barang yang beberapa hari lalu dibeli tapi belum sempat terbawa. Salah satunya adalah sebuah flash disk merek Kingston tipe DT-100 dengan kapasitas 8 Giga. Saya kaget ketika melihat bon-nya, ternyata di situ tertera harganya adalah Rp 125.000,- Ini salah harga atau memang sekarang flash disk dengan kapasitas segitu sudah semurah itu ?
k-8g-2Tipe DT-100 memang sama sekali tidak fancy. Juga, fiturnya hanya sebagai penyimpan data saja. Tidak mendukung readyboost pula. Casing-nya juga sangat plasticky. Dari keluarga flashdisk Kingston memang tipe ini yang termurah, meski bukan yang termurah dari semua merek. Tapi dengan harga semurah ini, barangkali sekarang Kingston sudah menduduki merek yang paling murah ? Soalnya bisa dipastikan kapasitas di bawahnya jelas akan lebih murah lagi.
Dalam waktu yang kurang lebih bersamaan, saya baru menerima sebuah komputer lawas. Pemiliknya sudah mendapatkan komputer lebih baru. Yang menarik adalah di dalam komputer itu terpasang harddisk Quantum Bigfoot yang kapasitasnya hanya 1,2 Gigabyte saja.  Selain dari itu, ukuran harddisk ini besar sekali, seukuran drive disket 5 1/4. Memang, pengguna komputer ini sebelumnya hanya menggunakan Windows 98 dengan prosesor Pentium II.
qbfKalau disandingkan keduanya jadi sebuah perbandingan yang menarik. Entah dibuat tahun berapa si Bigfoot ini. Tapi dari rentang waktu kemunculannya hingga kini, ternyata kapasitas media penyimpan (meskipun beda jenis) sudah berkembang begitu besar, dan ukuranya menjadi begitu kecil. Bukan hanya kapasitas dan ukuran. Demikian pula dengan harganya. Kontras yang sangat menarik!

Bagikan pada media sosial :